press enter to search

Senin, 17/02/2020 20:29 WIB

5 Manfaat Scallop, Seafood Kenyal yang Kaya Protein

Dahlia | Selasa, 21/01/2020 19:42 WIB
5 Manfaat Scallop, Seafood Kenyal yang Kaya Protein Foto: istimewa
Bekasi (aksi.id) - Scallop merupakan sejenis kerang berdaging putih yang bertekstur halus dan lembut. Seafood ini juga dikenal dengan nama kerang simping atau kerang kampak.
 
Biasanya, scallop dihidangkan sebagai sajian Imlek, dipadukan dengan saus khas Oriental. Bukan itu saja, scallop juga kerap dikonsumsi mentah, untuk menjaga cita rasa segar dan tekstur kenyalnya.
 
Tak cuma nikmat, hidangan laut tersebut juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, lho. Bahkan, scallop mengandung protein tinggi, yang bisa membantu menurunkan berat badan.
 
Kira-kira, apalagi manfaat scallop yang bisa kita dapatkan? Berikut ulasan selengkapnya:
 
1. Meningkatkan sistem imun
 
Hokkaido Scallop Ceviche-Elfuego by Collin’s
Hokkaido Scallop Ceviche-Elfuego by Collin’s Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Scallop merupakan sumber mineral yang sangat baik; meliputi selenium, zinc, dan tembaga. Berbagai mineral ini sangat penting untuk kesehatan tubuh, khususnya meningkatkan sistem imun, dan fungsi kelenjar tiroid.
 
Memasukkan scallop ke dalam pola makan sehari-hari, akan membantu memenuhi kebutuhan mineral, protein berkualitas tinggi, dan asam lemak omega-3 yang berfungsi sebagai anti-inflamasi.
 
 
2. Membantu menurunkan berat badan
 
Ilustrasi timbangan berat badan naik
Ilustrasi timbangan berat badan naik. Foto: Shutter Stock
Scallop merupakan makanan rendah kalori dan kaya akan protein, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Sebuah penelitian berjudul Protein, weight management, and satiety di tahun 2008 menunjukkan, mengurangi asupan kalori total, sambil meningkatkan konsumsi protein bisa menyebabkan penurunan berat badan.
 
Setidaknya, dalam setiap 84 gram sajian scallop mengandung 20 gram protein, dengan kadar kalori kurang dari 100. Protein tersebut akan membuat kita merasa cepat kenyang, serta meningkatkan metabolisme, dan membantu tubuh membakar lebih banyak energi.
 
3. Meningkatkan kinerja otak
 
Ilustrasi otak anak.
Ilustrasi otak anak. Foto: Shutterstock
Manfaat scallop lainnya, adalah membantu meningkatkan fungsi otak. Ini karena, setiap 84 gram scallop dapat memenuhi 18 persen kebutuhan harian tubuh akan vitamin B12 dan zinc, serta lebih dari 300 mg asam lemak omega-3.
 
Konsumsi nutrisi ini akan memastikan sistem saraf berkembang dengan baik dan mengurangi risiko gangguan mental; seperti Alzheimer dan ketidakstabilan emosi.
 
4. Meningkatkan kesehatan jantung
 
Ilustrasi kesehatan jantung.
Ilustrasi kesehatan jantung. Foto: Foto: Shutter Stock
Scallop mengandung magnesium dan kalium, dua nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Keduanya berperan dalam menenangkan pembuluh darah, mengurangi tekanan darah, dan mencegah penyakit jantung.
 
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of American Health Association menemukan, orang-orang yang kadar magnesiumnya kurang dari 0,80 mmol/L punya risiko 36 persen dan 54 persen, lebih besar mengalami kematian akibat penyakit dan gangguan jantung.
 
5. Meningkatkan kesehatan tulang
 
Ilustrasi tulang sehat
Ilustrasi tulang sehat Foto: Shutterstock
Kandungan magnesium yang ada pada scallop, juga memegang peran vital terhadap proses fisiologis tubuh. Menurut US National Library, magnesium penting untuk fungsi saraf dan otot, termasuk kesehatan tulang. Selain itu, scallop juga mengandung fosfor yang penting untuk tulang dan gigi, fungsi ginjal, serta sinyal saraf.
 
 
Meski kaya nutrisi, namun sebaiknya perhatikan terlebih dahulu, apakah kita memiliki alergi terhadap seafood atau tidak, sebelum mengonsumsinya. Scallop yang disantap mentah-mentah juga tak disarankan bagi ibu hamil, ya. (Lia/sumber:kumparan)