press enter to search

Sabtu, 29/02/2020 14:46 WIB

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Ini Penjelasan Dokter

Dahlia | Senin, 10/02/2020 19:23 WIB
Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Ini Penjelasan Dokter Foto:istimewa
Bekasi (aksi.id) - Ibu hamil suka makan buah? Bagus tuh, Moms. Buah-buahan bisa memberi banyak zat gizi yang dibutuhkan saat hamil.
 
Tapi bagaimana dengan buah-buahan tertentu? Buah durian misalnya. Bolehkah ibu hamil mengongsumsinya?
 
Dr Goh Shen Li, dokter kandungan dari Dr Goh Shen Li at S L Goh Women`s Clinic is a Obstetrician & Gynaecologist, Singapura menjelaskan mengenai hal ini.
 
"Durian aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan, buah durian kaya akan nutrisi seperti folat, kalsium, vitamin C, protein dan lipid yang baik untuk tubuh ibu hamil juga," ujar Dr Goh seperti dilansir Young Parents.
 
Meski begitu, menurut Dr Goh, ada `aturan main` tertentu bila ibu hamil ingin menikmati durian.
 
makan durian.jpg
ilustrasi ibu hamil makan durian Foto: Shutterstock
Aturan yang pertama, buah durian sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dengan diabetes gestasional, memiliki riwayat diabetes dalam keluarga, memiliki riwayat diabetes gestasional sebelumnya atau ibu hamil yang alami obesitas.
 
Aturan berikutnya, porsi durian yang boleh dikonsumsi saat hamil terbatas yaitu sebanyak 5 biji dengan ukuran sedang saja. Jadi kalau buahnya berukuran besar, kurangilah jumlahnya.
 
`Aturan` ini penting untuk diikuti demi kesehatan ibu hamil maupun bayinya. Kenapa?
 
ibu hamil makan durian 3.jpg
Ibu hamil sebaiknya tidak makan durian bila alami diabetes gestasional Foto: Shutterstock
"Buah durian mengandung gula, lemak dan karbohidrat yang tinggi sehingga bisa meningkatkan risiko ibu hamil melahirkan bayi lebih besar," papar Dr Goh.
 
Tak hanya itu, mengonsumsi buah durian berlebihan dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan pada ibu hamil. Misalnya menyumbat usus dan dan membuat calon ibu sembelit.
 
Lain halnya bila berat bayi Anda kurang selama kehamilan. Dengan kondisi ini menurut Dr Goh, buah durian bisa jadi solusi untuk membantu menambah berat badan si kecil.
 
Namun agar lebih aman, tetap batasi jumlahnya dan pastikan Anda berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan Anda ya, Moms. (lia/sumber:kumparan)