press enter to search

Kamis, 29/10/2020 12:01 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir Rombak Susunan Direksi Pertamina

Redaksi | Jum'at, 12/06/2020 14:01 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir Rombak Susunan Direksi Pertamina Ilustrasi. (ist)

JAKARTA (Aksi.id) - Menteri BUMN Erick Thohir merombak susunan direksi PT Pertamina (Persero). Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar hari ini, Jumat (12/6), Erick mencopot 6 dari 11 anggota direksi perseroan namun tetap mempertahankan Nicke Widyawati sebagai direktur utama.

Enam direktur yang diberhentikan, yaitu Direktur Hulu Dharmawan H. Samsu, Direktur Pengolahan Budi Santoso Syarif, dan Direktur Pemasaran Korporat Basuki Trikora Putra. Kemudian, Direktur Pemasaran Ritel Mas`ud Khamid, Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Ignatius Tallulembang, dan Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Heru Setiawan.

Selain Nicke, empat direktur yang dipertahankan adalah Direktur Keuangan Emma Sri Martini, Direktur Logistik Mulyono, Direktur SDM Koeshartanto, serta M. Haryo Yunianto. Namun, Haryo menempati jabatan dengan nomenklatur baru, yaitu dari Direktur Manajemen Aset menjadi Direktur Penunjang Bisnis.

Tak hanya mendepak enam direktur, Erick juga menghapus jabatan mereka dari struktur dewan direksi Pertamina. Kini, struktur direksi perusahaan pelat merah itu hanya berisi enam jabatan dengan penambahan Iman Rachman menjadi Direktur Strategi Portofolio and New Ventures. Iman sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero).

"Pertamina itu holding nanti ada sub holding. Yang holding direkturnya ya memang cuma 6. Enggak boleh lebih. Ada direktur utama, direktur keuangan, direktur sumber daya manusia, dan lain-lain," kata Erick dalam konferensi pers di kantornya, Jumat (12/6).

Untuk formasi komisaris, Erick tetap mempertahankan nama-nama yang ada saat ini, yaitu Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Komisaris Utama dan Budi Gunadi Sadikin sebagai Wakil Komisaris Utama. Lalu di kursi Komisaris ada Ego Syahrial, Condro Kirono, Isa Rachmatarwata, Alexander Lay, dan David Bingei.

Berikut daftar komisaris dan direksi Pertamina:

Komisaris
Komisaris Utama: Basuki Tjahaja Purnama
Wakil Komisaris Utama: Budi Gunadi Sadikin
Komisaris: Ego Syahrial
Komisaris: Condro Kirono
Komisaris: Isa Rachmatarwata
Komisaris: Alexander Lay
Komisaris: David Bingei

Direksi:
Direktur Utama: Nicke Widyawati
Direktur Penunjang Bisnis: M. Haryo Yunianto
Direktur Keuangan: Emma Sri Martini
Direktur Sumber Daya Manusia: Koeshartanto
Direktur Logistik: Mulyono
Direktur Strategi: Iman Rachman. (ds/sumber CNNIndonesia.com)