press enter to search

Rabu, 25/11/2020 00:32 WIB

Tarif Bus DAMRI Bandara Soetta Naik Hingga 100%

Dahlia | Minggu, 28/06/2020 20:38 WIB
Tarif Bus DAMRI Bandara Soetta Naik Hingga 100% Foto:istimewa

JAKARTA (aksi.id) - Mulai hari ini, Ahad (28/6/2020) Tarif angkutan bus Damri alami kenaikan untuk seluruh rute trayek dari dan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Tangerang.

Tak tanggung-tanggung, tarif bus Damri dari dan ke Bandara Soetta naik 100%. Semula, tarif bus Damri Bandara Soetta Rp 50.000 per penumpang, kini menjadi Rp 100.000.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengklaim bahwa penumpang saat ini masih dalam taraf memaklumi kenaikan tarif bus Damri tersebut.

“Penumpang memahami bahwa kenaikan ini untuk menutup biaya operasional yang harus dikeluarkan dengan jumlah penumpang lebih sedikit,” kata Budi melalui keterangan tertulisnya, Ahad (28/6/2020).

Budi berharap, jika kapasitas penumpang sudah diizinkan sebesar 70% maka harapan dia tarif bus Damri Bandara Soetta akan kembali normal.

“Kalau demand belum normal kembali, masih jauh dari yang diharapkan, maka sepanjang itu operator mungkin saja masih menaikkan tarif. Karena operasional kendaraan masih sama dengan sebelum Covid-19,” urai Dirjen Budi.

Budi menerangkan bahwa dalam kesempatan sebelumnya, pihaknya telah berdiskusi dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda) dan Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia atau (IPOMI), bahwa ada wacana dari kedua asosiasi untuk menaikkan tarif sebesar 25%-50% untuk bus premium.

Dikutip dari akun resmi perusahaan @DAMRIindonesia, menyebut Damri menuju Cengkareng sudah kembali beroperasi dengan rute dari dan menuju Bogor, Kampung Rambutan, Rawamangun, Bekasi Barat, Merak, Purwakarta, Sukabumi, Bogor – Plaza Senayan.

Penumpang pun wajib memenuhi persyaratan membawa hasil Rapid Test atau PCR Swab, KTP dan SIKM yang menyesuaikan kebijakan pemerintah daerah setempat. (fhm)