press enter to search

Kamis, 13/08/2020 10:00 WIB

Sejumlah Daerah di Sulawesi Tengah Dikepung Banjir Bandang

Redaksi | Jum'at, 10/07/2020 15:16 WIB
Sejumlah Daerah di Sulawesi Tengah Dikepung Banjir Bandang Banjir bandang di Suteng.


MOROWALI (Aksi.id) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah mencatat sejumlah daerah setempat dikepung banjir menyusul hujan lebat mengguyur hampir seluruh wilayah di provinsi itu.

"Kami selalu mengimbau warga untuk tetap siaga karena saat curah hujan tinggi sangat memungkinkan terjadinya bencana alam banjir dan longsor," kata Kepala BPBD Provinsi Sulteng, Bartholomeus Tandigala, Jumat (10/7).

Banjir kembali menerjang beberapa wilayah di Sulteng dalam dua hari terakhir ini antara lain di Kabupaten Morowali, Parigi Moutong dan Kabupaten Sigi. Khusus di Kabupaten Sigi, kata dia, pada Kamis malam sekitar pukul 18:00 WITA.

Rumah sakit umum daerah (RSUD) Torabelo di Desa Sidera, Kecamatan Sigibiromaru tiba-tiba diterjang banjir membuat para pasien terpaksa dievakuasi ke tempat yang aman. Bahkan sebagian pasien dilarikan ke rumah sakit di Kota Palu.

Banjir terjadi akibat hujan lebat yang mengguyur hampir seluruh wilayah di Sulteng dalam sepekan terakhir ini, termasuk di Kabupaten Sigi saban hari turun hujan sehingga perlu diwaspadai masyarakat.

Apalagi wilayah di Sigi rawan banjir karena banyak sungai kecil dan besar yang pada saat curah hujan tinggi menimbulkan bencana banjir dan longsor.

Bartholomeus juga telah menginstruksikan semua BPBD di kabupaten/kota di Sulteng tetap siaga untuk mengantisipasi bencana alam. Saat terjadi bencana alam, petugas BPBD langsung bergerak cepat ke lokasi memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana.

"Dan itu sudah dilakukan setiap kali terjadi bencana alam, petugas BPBD langsung ke lokasi melakukan berbagai upaya mengevakuasi warga dan memberikan bantuan tanggap darurat," tandas dia. (ds/sumber Merdeka.com)