press enter to search

Sabtu, 15/08/2020 10:11 WIB

Antisipasi Antrean Panjang Pengguna KRL pada Senin Pagi, Ini yang Dilakukan KCI

Dahlia | Minggu, 26/07/2020 22:24 WIB
Antisipasi Antrean Panjang Pengguna KRL pada Senin Pagi, Ini yang Dilakukan KCI Foto:istimewa

JAKARTA (aksi.id) - Manajemen PT KCI mengantisipasi antrean pengguna KRL yang kerap terjadi pada saat akan masuk area stasiun khususnya pada setiap hari Senin, dengan mempersiapkan berbagai macam dukungan layanan KRL.

Agar upaya menjaga jaga jarak aman di dalam KRL lebih maksimal, mulai Jumat (24/7) lalu PT KCI sudah menambah frekuensi perjalanan KRL untuk lintas Bogor -  Angke PP dan Manggarai – Tambun PP sebanyak masing-masing dua perjalanan KRL di lintas tersebut. Total perjalanan KRL yang beroperasi saat ini adalah 966 perjalanan.

Sementara agar pengguna dapat mengikuti update berkala mengenai situasi antrean pada jam sibuk pagi hari di sejumlah stasiun dengan volume pengguna tertinggi, PT KCI selama beberapa pekan terakhir telah menyajikan informasi kondisi antrean melalui aplikasi KRL Access dan media sosial @commuterline.

“Dengan mengetahui situasi antrean sebelum tiba di stasiun, calon pengguna KRL diharapkan dapat mengambil keputusan sesuai keperluan terkait rencana dan waktu perjalanannya dengan KRL,” ujar VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam keterangan resmi, Ahad (26/7/2020).

PT KCI juga memperkenalkan KRL Access dengan tampilan baru dimana para pengguna dapat mengakses berbagai layanan terutama informasi kondisi antrian di stasiun dan posisi terkini KRL. Aplikasi versi terbaru ini hadir dalam bentuk unduhan yang baru dan bukan merupakan update dari versi sebelumnya.

“Aplikasi versi terbaru ini tampil dengan user interface lebih modern dan performa lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya. Di halaman depan, aplikasi menampilkan kondisi terkini dari setiap jalur layanan KRL dan informasi kebijakan-kebijakan layanan terbaru,” kata Anne.

Selanjutnya dengan mengetuk huruf C dari logo KCI pada halaman depan, pengguna dapat mengakses informasi kepadatan di stasiun, jadwal kereta, dan posisi real time KRL.

PT KCI terus mengharapkan kerja sama agar pengguna jasa selalu mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yang telah diwajibkan seperti selalu menggunakan masker, dan mengikuti pengukuran suhu di stasiun. Pengguna jasa juga sangat disarankan untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan di wastafel yang telah disediakan di seluruh stasiun KRL.

Sementara itu, Stasiun Bogor, Stasiun Cilebut, dan Stasiun Cikarang seperti minggu sebelumnya tetap memberlakukan sebagai stasiun khusus KMT khusus pada hari Senin.

Nantinya di tiga stasiun tersebut mulai Senin 3 Agustus 2020 akan diberlakukan sebagai stasiun khusus KMT khusus setiap hari kerja Senin hingga Jumat. Di akhir pekan maupun di hari libur nasional, tiga stasiun tersebut juga dapat melayani transaksi dengan Tiket Harian Berjaminan (THB).

Melalui kebijakan ini, layanan tiket di Stasiun Bogor, Stasiun Cilebut, dan Stasiun Cikarang hanya dapat menerima transaksi menggunakan KMT, kartu elektronik bank, dan tiket dengan kode QR melalui aplikasi Link Aja.

“Para pengguna yang bertransaksi dengan THB PP masih dapat melakukan perjalanan kembali dari ketiga stasiun tersebut. Diharapkan dengan memperbanyak transaksi non tunai, akan mengurangi risiko terpaparnya Covid-19 dari uang yang sangan sering berpindah tangan,” katanya.

Sebagaimana pada pekan lalu, esok hari juga akan tersedia layanan bus bantuan gratis dari pemerintah yang melayani pengguna dari Stasiun Bogor, Cilebut, Bojonggede, Citayam, Cikarang dan Botani  Square Bogor ke sejumlah stasiun tujuan di wilayah DKI Jakarta. Waktu keberangkatan bus tersedia mulai pukul 05.15 WIB. (fhm)