press enter to search

Rabu, 28/10/2020 00:45 WIB

India-Cina Sepakat Turunkan Ketegangan di Perbatasan Himalaya

Dahlia | Sabtu, 05/09/2020 19:17 WIB
India-Cina Sepakat Turunkan Ketegangan di Perbatasan Himalaya Gambar-gambar satelit di Lembah Galwan, diambil sehari setelah tentara India dan Cina terlibat dalam bentrokan di Lembah Galwan, menunjukkan peningkatan aktivitas dari seminggu sebelumnya. [Planet Labs via Reuters]

New Delhi (aksi.id) – Pemerintah India mengatakan tercapai kesepakatan dengan pemerintah Cina untuk mengurangi ketegangan di sepanjang perbatasan yang bersengketa.

Ini terjadi setelah menteri Pertahanan kedua negara bertemu.

“Kedua negara bersepakat tidak akan melakukan tindakan lebih jauh yang bisa memperumit situasi atau menambah eskalasi di area perbatasan,” begitu pernyataan dari kementerian Pertahanan India seperti dilansir Reuters pada Sabtu, 5 September 2020.

Kedua negara kembali terlibat ketegangan pada akhir Agustus 2020 terkait perebutan area perbukitan di kawasan pegunungan Himalaya Barat.

Militer India mengerahkan pasukan saat melihat ada pergerakan pasukan Cina di area itu.

India menuding pasukan Cina bergerak secara diam-diam. Ini harus dicegah agar tidak menimbulkan bentrokan baru yang lebih parah.

India mengeklaim Cina sudah membangun struktur pertahanan di Himalaya Barat.

Namun, pemerintah Cina menolak tuduhan itu. Juru bicara Kemenlu Cina, Zhao Lijian, mengatakan Cina tidak melakukan hal seperti itu. “Kami selalu memathui garis kontrol aktual dan tidak pernah melewati garis yang ada,” kata Zhao Lijian, jubir Kemenlu Cina. (lia/sumber:tempo)