press enter to search

Sabtu, 26/09/2020 11:25 WIB

BPTJ: Bijak Bertransportasi di Era Pandemi, Harus Sehat

Dahlia | Selasa, 15/09/2020 12:59 WIB
BPTJ: Bijak Bertransportasi di Era Pandemi, Harus Sehat Foto:istimewa

JAKARTA (aksi.id) – Sikap dan tindakan yang dilakukan masyarakat Jabodetabek untuk tetap beraktivitas di masa pandemi Covid-19 dengan juga dibatasinya angkutan umum adalah dengan bijak dalam menggunakan alat transportasi.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Ir Polana B Pramesti MSc mengajak masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan karena, dan mengimbau lebih sering berjalan kaki agar lebih sehat.

“Syarat transportasi itu harus selamat, aman, nyaman. Dengan adanya pandemi ini persyaratannya nambah satu yaitu harus sehat,” kata Polana dalam acara webinar bijak bertranspotasi di era pandemi Covid-19, Selasa (15/9/2020)

Polana juga mengimbau, apabila masyarakat  melakukan perjalanan yang mendesak,  upayakan untuk ditempuh dengan berjalan kaki, bersepeda atau non motorize. Karena lebih sehat dan lebih individual sehingga  potensi penularan Covid-19 menjadi kecil.

“Masyarakat diharapkan di rumah saja untuk saat ini apabila tidak ada keperluan penting,” ujarnya.

Imbauan tersebut juga merupakan jawaban dari dibatasinya kapasitas angkutan umum di Jabodetabek.

“Apabila memungkinkan harus tetap beraktivitas, dipastikan harus sehat, harus cukup istirahat sebelumnya, dan menjaga prilaku agar tidak menjadi potensi menularkan penyakit ke orang lain. Misalnya, tetap menggunakan masker, menjaga kebersihan dan selalau menjaga jarak,” tambah Polana.

Menurut Polana saat ini pihaknya tetap terus mengawasi semua moda transpotasi Jabodetabek, memastikan dilakukan pembersihan dan protokol kesehatan di moda tranpotasi bus maupun di moda kereta api.

Saat ini Kementerian Perhubungan dengan mengacu kepada aturan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan sudah mengatur ketentuan-ketentuan di mana transportasi publik dan transportasi pribadi dipastikan dapat menajaga protokol kesehatan. (fhm)