press enter to search

Jum'at, 30/10/2020 11:10 WIB

Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Ditangkap di AS, Ada Apa?

Redaksi | Jum'at, 16/10/2020 10:36 WIB
Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Ditangkap di AS, Ada Apa? Mantan Menteri Pertahanan Meksiko, Salvador Cienfuegos.

MEXICO CITY (Aksi.id) – Mantan Menteri Pertahanan Meksiko, Salvador Cienfuegos, ditangkap aparat keamanan di Amerika Serikat. Alasan penangkapan bekas petinggi militer negeri sombrero itu masih dirahasiakan.

Menteri Luar Negeri Meksiko, Marcelo Ebrard mengatakan, dia telah diberitahu oleh Duta Besar AS untuk Meksiko, Christopher Landau, bahwa Cienfuegos ditahan di Bandara Los Angeles. Cienfuegos menjabat Menteri Pertahanan Meksiko pada periode 2012-2018.

“Konsul di Los Angeles akan memberi tahu saya tentang tuduhan (yang dikenakan kepada Cienfuegos) dalam beberapa jam ke depan. Kami akan menawarkan bantuan konsuler yang menjadi haknya,” ungkap Ebrard di Twitter, Kamis (15/10/2020) waktu setempat, dikutip AFP.

Cienfuegos mengepalai Kementerian Pertahanan Meksiko di bawah kepemimpinan mantan Presiden Enrique Pena Nieto. Dia adalah mantan menteri Meksiko kedua yang ditahan di AS.

Sebelum Cienfuegos, ada mantan Menteri Keamanan Publik Meksiko, Genaro Garcia Luna, yang ditangkap di Texas pada Desember 2019. Luna ditangkap atas tuduhan menerima suap dalam jumlah besar untuk memungkinkan kartel Sinaloa yang terkenal di Meksiko mengirimkan narkoba ke AS. (ds/sumber iNews.id)