press enter to search

Sabtu, 28/11/2020 23:03 WIB

Perhatian BPTJ Sediakan Bagasi Sepeda Gratis di Bus JR Connexion Dorong Peningkatan Pengguna Sepeda

Dahlia | Senin, 19/10/2020 13:30 WIB
Perhatian BPTJ Sediakan Bagasi Sepeda Gratis di Bus JR Connexion Dorong Peningkatan Pengguna Sepeda Foto:istimewa

IMG-20201018-WA0026

CIKARANG (aksi.id) – Masa pandemi Covid-19 telah memunculkan tantangan pada sektor transportasi perkotaan (urban transport), yaitu penyelenggaraan transportasi perkotaan yang seminimal mungkin menghindarkan risiko penularan Covid-19.

Di sisi lain, pandemi Covid-19 ternyata juga memunculkan peluang bagi penataan transportasi Jabodetabek. Salah satunya, dapat dilakukan dengan mendorong lebih banyak penggunaan non motorized transportation (NMT) seperti berjalan kaki maupun bersepeda di kalangan masyarakat dengan tetap mengedepankan implementasi protokol kesehatan.

Diperlukan berbagai upaya untuk mendorong pemanfaatan NMT ini, salah satunya adalah dengan penyediaan angkutan umum massal seperti layanan Jabodetabek Residence (JR) Connexion yang merupakan layanan angkutan permukiman premium bersifat point to point.

“Sifat jemput bola ini semakin
mendekatkan masyarakat pada layanan angkutan umum massal terutama dalam tahapan first mile dan last mile sekaligus mendorong masyarakat untuk berpindah dari kendaraan pribadi ke angkutan umum massal,” tutur Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Polana B Pramesti di kawasan Jababeka, Cikarang, Ahad (18/10/2020)

Dengan begitu, pada jarak-jarak yang tejangkau masyarakat masih dapat memanfaatkan berjalan kaki atau bersepeda ketika memanfaatkan layanan JR Connexion.

Perhatian BPTJ pada masyarakat senantiasa besar. Terbukti dengan maraknya pengguna sepeda, maka disiapkan pendukung yakni penyediaan bagasi sepeda lipat gratis di bus JR Connexion.

“Terobosan dan inovasi terus berupaya dilakukan guna mendorong penggunaan angkutan umum massal sekaligus budaya NMT,” ucapnya.

Dari delapan operator JR Connexion, enam operator JR Connexion dengan 14 unit bus ke 10 rute telah menyiapkan fasilitas bagasi gratis bagi pengguna JR Connexion yang membawa sepeda lipat.

Selanjutnya, BPTJ sangat berharap
penyediaan fasilitas bagasi sepeda ini bisa diikuti oleh operator dan unit
bus lainnya.

“Tidak hanya itu, penyediaan bagasi gratis ini juga kami harapkan dapat mendorong masyarakat untuk menjadikan sepeda sebagai alternatif bertransportasi. Seperti tagline kita hari ini, Naik JR Connexion? Sepeda In aja!,” ujar Polana.

Sejak diluncurkan 14 Februari 2017, JR Connexion terus mengembangkan layanannya dengan menghadirkan trayek-trayek baru di Jabodetabek. (omy)