press enter to search

Selasa, 01/12/2020 00:24 WIB

Banjir Besar di Vietnam, 105 Orang Tewas

Dahlia | Selasa, 20/10/2020 22:13 WIB
Banjir Besar di Vietnam, 105 Orang Tewas Foto petugas penyelamat mengevakuasi korban banjir menggunakan speed boat di Provinsi Quang Binh, Vietnam, pada 12 Oktober 2020. (foto: AP)

HANOI (aksi.id)  - Hujan lebat selama berminggu-minggu menyebabkan banjir besar dan tanah longsor di Vietnam. Sedikitnya 105 orang tewas dan lima juta orang terdampak bencana alam tersebut.

Aljazeera melaporkan, Selasa (20/10/2020), sekitar sepertiga dari korban tewas termasuk tentara yang baraknya terkubur tanah longsor pekan lalu. Sedikitnya 27 orang masih dinyatakan hilang, 15 diantaranya pekerja konstruksi yang juga terkena longsor.

Banjir merendam 178.000 rumah dan hampir 7.000 hektar lahan persawahan terkena dampak. Kerugian juga dialami peternak, hampir 690.000 unggas dan hewan ternak lainnya dilaporkan mati terbawa derasnya arus banjir.

Penduduk bertahan dalam kondisi lapar...

Siaran televisi pemerintah memperlihatkan warga duduk di atap rumah mereka yang telah terendam banjir menunggu bantuan dari tim penyelamat di Provinsi Quang Binh, di mana banjir telah memutus akses jalan dan memutus aliran listrik.

"Saya belum makan sejak kemarin," kata seorang perempuan tua kepada VTV.

"Kami tidak punya apa-apa. Tidak makanan, tidak ada telepon," ujarnya.

Presiden Masyarakat Palang Merah Vietnam, Nguyen Thi Xuan Thu, menggambarkan banjir kali ini sebagai yang terburuk pernah dia lihat dalam beberapa dekade terakhir.

"Bencana banjir ini memberikan pukulan telak bagi mata pencaharian jutaan orang yang sudah pulih dari kesulitan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19," kata Nguyen Thi.

"Kemana pun kita melihat, rumah, jalan, dan infrastruktur telah terendam," ucapnya.

Banjir akan berdampak pada kemiskinan...

Federasi Palang Merah Internasional (IFRC) mengatakan lima juta orang terdampak bencana banjir. Sedangkan, ratusan ribu orang membutuhkan tempat penampungan darurat yang mendesak.

"Banjir ini akan mendorong jutaan orang lebih jauh ke jurang kemiskinan,” Christopher Rassi, seorang pejabat senior di IFRC.

Pekan ini, Vietnam bakal dihadapkan badai tropis lainnya. Badan cuaca Vietnam, Selasa (20/10/2020), memperkirakan badai tropis Saudel akan tiba di wilayah Vietnam tengah pada Sabtu (24/10/2020) mendatang membawa hujan lebih deras yang dapat memburuk banjir. (lia/sumber:inews)

Keyword Banjir Vietnam