press enter to search

Selasa, 01/12/2020 15:44 WIB

Prabowo ke Turki Borong Anti-Terpedo Kapal Selam

Fahmi | Sabtu, 24/10/2020 19:27 WIB
Prabowo ke Turki Borong Anti-Terpedo Kapal Selam Foto: Infografis/ Cerita ’Kilo Class’ kepunyaan si raja kapal selam Vietnam.

JAKARTA (Aksi.id) - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo melakukan kunjungan ke sejumlah negara,  antara lain AS, Austria, dan Perancis dan mampir ke Turki, bertemu Menhan Turki Hulusi Akar untuk membeli alutsista perlengkap kapal selam, di Ankara, Jumat (23/10).

Dilaporkan dari media CNBN, pada kunjungan itu muncul kabar soal realisasi pembelian alutsista Indonesia ke Turki. Media lokal yang berbasis di Turki Daily Sabah pada Jumat malam, menyebut soal alutsista kapal selam yang diterima Indonesia dari Turki.

TNI AL dilaporkan mendapatkan alutsista fase pertama sistem anti terpedo kapal selam, mencakup sistem pengacau dan alat umpan torpedo produksi Turki. Alat dan sistem ini akan disematkan pada kapal selam Nagapasa Tipe 209/1400). Kapal selam ini merupakan satu dari 3 kapal selam racikan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), Korsel.

Sementara itu laporan Janes,  mengungkap sistem mengacau dan alat umpan torpedo buatan pabrik pertahanan Aselsan Turki tiba di Indonesia Kamis (22/10). Sistem anti terpedo ini merupakan bagian dari ZOKA, dikembangkan oleh Aselsan.

Sistem ini juga dipakai oleh armada kapal selam Turki. Yang menarik, Indonesia menjadi negara pembeli pertama untuk sistem tersebut dengan perjanjian yang diteken pada tahun lalu. (fhm)