press enter to search

Kamis, 21/01/2021 17:54 WIB

Banjir Bandang Terjang Aceh Tenggara, Puluhan Rumah Rusak

Dahlia | Minggu, 15/11/2020 19:14 WIB
Banjir Bandang Terjang Aceh Tenggara, Puluhan Rumah Rusak Banjir bandang di Aceh Tenggara. Foto: BPBD Aceh Tenggara
Aceh Tenggara (aksi.id) - Banjir bandang menerjang Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh pada Sabtu (14/11) malam. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara melaporkan sedikitnya 48 rumah rusak ringan dan berat. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.
 
"Rusak berat sebanyak 10 rumah dan sisanya rusak ringan," kata Kepala BPBD Aceh Tenggara, Mohd Asbi, kepada acehkini, Minggu (15/11).
 
 
Asbi menjelaskan, 10 rumah rusak berat itu 5 di antaranya berada di Desa Lawe Sagu Hulu dan Desa Kandang Belang Mandiri, Kecamatan Lawe Bulan dan 5 lainnya di Desa Kati Jeroh, Kecamatan Deleng Phokisen. Sedangkan rumah yang rusak ringan tersebar di tiga desa dalam dua kecamatan itu.
 
 
Banjir Bandang Terjang Aceh Tenggara, 48 Rumah Rusak (1)
Banjir bandang di Aceh Tenggara. Foto: BPBD Aceh Tenggara
Menurut Asbi, banjir bandang menerjang permukiman warga pada Sabtu malam sekitar pukul 22.30 WIB, setelah hujan deras melanda kawasan itu sejak sore hingga malam. "Maka air dari gunung membawa material lumpur dan kayu-kayu dari kebun," sebutnya. 
 
Kondisi saat ini, kata Asbi, banjir mulai surut. Petugas tengah membersihkan material kayu dan lumpur yang terseret banjir di kawasan permukiman penduduk. (lia/sumber:kumparan.com)