press enter to search

Senin, 25/01/2021 12:04 WIB

22 Tenaga Medis dan 7 Dokter RSUD Yogyakarta Terpapar Corona

Dahlia | Minggu, 29/11/2020 20:54 WIB
22 Tenaga Medis dan 7 Dokter RSUD Yogyakarta Terpapar Corona Foto: ilustrasi

YOGYAKARTA (aksi.id) - Sebanyak 22 tenaga kesehatan (nakes) beserta 7 dokter, dan 9 koas yang bertugas di RSUD Kota Yogyakarta terkonfirmasi positif Covid-19.

Mereka yang terpapar sehari-harinya bertugas merawat pasien Covid-19.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, pelayanan di rumah sakit tersebut masih berjalan normal walaupun terdapat nakes dan dokter yang terpapar.

"Untuk layanan rumah sakit tidak ada masalah, tetap berjalan terus. Sebab yang terkena adalah area Covid, sehingga masih ada dokter dan nakes lain yang bisa memberikan layanan kesehatan," kata Heroe melalui keterangan tertulis, Minggu (29/11/2020).

Lanjut Heroe, pemeriksaan dilakukan pada minggu lalu dan hasilnya baru keluar pada dua hari yang lalu.

Nakes dan dokter yang terpapar Covid-19 di RSUD Kota Yogyakarta adalah hasil dari pemindaian (screening) yang dilakukan kepada 228 nakes dan dokter.

"Mereka tugas di perawatan Covid-19. Jadi, mereka yang kita screening itu kalau bahasa rumah sakit, yang bersentuhan langsung dengan pasien Covid-19. Yang 228 itu adalah mereka yang bersentuhan langsung," jelasnya.

Namun hingga sekarang pihaknya belum mengetahui sumber penularan Covid-19 ke nakes dan dokter tersebut.

Hingga saat ini pihaknya masih melakukan pemindaian lanjutan untuk melacak kontak erat.

"Penyebabnya dari mana masih dianalisis, dan screening lanjutan untuk kontak erat dengan nakes tersebut sedang dilakukan," kata Heroe.

"Kita kan selektif ya, screening kita lakukan pada mereka yang menangani langsung. Begitu juga di faskes lain, puskesmas sudah dilakukan lebih dahulu," ucap dia.

Disebutkan kondisi para nakes yang terpapar Covid-19 termasuk orang tanpa gejala (OTG) dan sebagian melakukan isolasi di RSUD. Sedangkan sebagian lainnya melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Para nakes itu semua melakukan isolasi mandiri. Beberapa di antaranya masuk shelter di RS Yogyakarta, sebagian lainnya isolasi mandiri di rumah masing-masing," ucap dia.

(lia/sumber:kompas.com)