press enter to search

Senin, 08/03/2021 23:15 WIB

Pengemudi Bus Bejeu Nggak Kalah dengan Pilot Pesawat, Lihat Penampilannya! Keren Abis

Dahlia | Jum'at, 22/01/2021 12:38 WIB
Pengemudi Bus Bejeu Nggak Kalah dengan Pilot Pesawat, Lihat Penampilannya! Keren Abis Candra berpenampilan bagaikan pilot pesawat terbang tengah mengendarai bus PO Bejeu jurusan Jakarta-Jepara.

BEKASI (aksi.id) - Angkutan moda transportasi darat kini mulai menunjukkan eksistensi. Termasuk penampilan kru mulai diseragamkan untuk menjadi ciri khas suatu PO tersebut. Selain itu, untuk membedakan antara PO satu dengan lainnya.

Adalah Candra 30 Tahun, di balik kemudi bus dengan menempuh perjalanan darat yang panjang lintas Jawa. Dia mengenakan kemeja putih lengan pendek serta mengenakan dasi berwarna merah dengan corak tertentu, sekilas bak seorang penerbang profesional.

Bagaikan seragam pilot, kemejanya dilengkapi pangkat garis (bar) seperti seragam penerbang atau dikenal juga dengan nama Pilot Epaulette. Terdapat pula logo PO di dada sebalah kiri dan ada lambang seperti stir kemudi bus yang ada teletak di dada kanan dan bahu sebelah kiri.

Tak lupa pula celana goyang atau kain dengan sepatu menjadi pelengkap sebagai seragam dari kru PO Bejeu tersebut.

Saat ditemui BeritaTrans.com, bus bersasis premium Volvo B11R yang dia kendarai tengah menaikan penumpang di agen Bulak Kapal, Bekasi, Jawa Barat untuk diangkut menuju Jepara. Sebelumnya dia mengawali perjalanan dari Pool yang ada di Ciawi, Bogor.

Saat ini diungkapkannya jumlah penumpang bus masih stabil tidak ada penurunan maupun pelonjalan. Dia pun tetap kerja seperti biasa.

"Sekarang penumpangnya ini (jumlahnya) standart aja," kata Candra kepada BeritaTrans.com, Kamis (21/1/2021).

Dikatakan warga Kota Jepara ini sudah 11 tahun bergabung di Bejeu dan hilir mudik di jalan dan tinggal di bus.

Bersama beberapa kru seperti kenek dia dan sopir dua akan mengendari bus menuju tujuan tersebut selama sembilan jam, jika keadaan lancar, seperti sekarang ini.

Tarif bus bekelas royal premium class, yang  berwarna hitam dengan sentuhan liveri merah, oren dan kuning tersebut bertarif Rp230 ribu.

Untuk diketahui, gaya atau seragam dari PO memang berbeda-beda untuk menunjukan ciri khas atau ada yang mengaitkannya dengan visi dan misi perusahaan. Termasuk PO Bejeu ini.

Seragam memang harus wajib dimiliki perusahaan, termasuk untuk para kru dari mulai sopir kenek maupun petugas tiket di loket. Namun, aturan baku mengenai bagaimana tidak diatur sedemikian rupa.

Berbeda dengan captain yang memiliki garis empat di Epaulette yang ada di pundak. Yang dikenakan warga Jepara tersebut hanya memiliki garis tiga berwarna putih dengan warna bawah dasar bar tersebut merah.

Untuk diketahui, Di dunia penerbangan tiga buah garis pangkat biasanya disebut dengan Flight Engineer atau FE, yang tugasnya duduk di belakang Captain dan menghadap pada tombol-tombol penting yang mengatur sistem pada pesawat. (fahmi)