press enter to search

Sabtu, 06/03/2021 11:24 WIB

Bangkai Lumba-Lumba Terdampar di Pantai Trisik Kulonprogo

Dahlia | Rabu, 27/01/2021 19:59 WIB
Bangkai Lumba-Lumba Terdampar di Pantai Trisik Kulonprogo Seekor lumba-lumba ditemukan mati terdampar di Pantai Trisik, Kulonprogo Selasa (27/1/2021). (Foto: istimewa)
KULONPROGO (aksi.id) – Bangkai lumba-lumba ditemukan terdampar di Pantai Trisik, Kapanewon Galur, Kabupaten Kulonprogo pada Selasa petang (26/1/2021). Sebelumnya pada pagi harinya juga ditemukan seekor penyu mati di Pantai Congot, Temon, Kulonprogo. 

“Kondisi lumba-lumba ini sudah membusuk dan anggota kami menemukannya sekitar pukul 16.30 WIB,” kata Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulonprogo, Aris Widyatmoko, Rabu (27/1/2021). 

Lumba-lumba ini berjenis kelamin betina dengan panjang mencapai 2 meter dan bobot diperkirakan 50 kilogram. Dari kondisi tubuhnya cukup bersih dan tidak ada bekas luka.

“Kami tidak bisa memastikan penyebabnya, karena tidak ada luka. Kami tidak bisa berspekulasi,” katanya.

Lantaran sudah dalam kondisi membusuk dan mengeluarkan bau, bangkai ini kemudian dikuburkan oleh Tim SAR. Kabar temuan ini juga sidah dilaporkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta. Informasi awal, mereka bakal menggali dan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab kematiannya. Hanya akan dilaksanakan kapan, Tim SAR tidak bisa memastikan. 

“Kami belum tahu kapan akan memeriksa, kami masih menunggu kabar,” katanya.

Pagi harinya, Tim SAR juga menemukan bangkai penyu terdampar di Pantai Congot, dengan panjang mencapai 80 centimeter dengan berat mencapai 40 kilogram. Bangkai ini sempat diteliti oleh BKSDA dan ditemukan adanya iritasi pada saluran pencernaan.

(sumber:inews.id)