press enter to search

Sabtu, 10/04/2021 19:17 WIB

Anak Muda Berumur 21 Tahun ini Jago Kemudikan Bus ALS Medan-Jakarta

Dahlia | Senin, 08/03/2021 21:26 WIB
Anak Muda Berumur 21 Tahun ini Jago Kemudikan Bus ALS Medan-Jakarta Poso alias Afrizal (21 tahun) sopir bus ALS jurusan Jakarta-Medan.

BEKASI (aksi.id) - Di usia 21 tahun, pria ini sudah ahli sopiri bus dari Medan-Jakarta melalui jalur tengah di Sumatera. 

Dialah Poso alias Afrizal pengemudi bus PO ALS, yang sangat legendaris di antara PO lain dan terkenal memiliki lintas terpanjang untuk saat ini. 

"Umurku jalan 22 tahun. Bawa ini masih (berjalan beberapa) bulan gitu,"kata Afrizal di pool yang ada di Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/3/2021). 

Wajahnya memang kelihatan muda dari pada kru lainnya, tapi kelihaiannya dalam memutarkan stir kemudi di jalan Sumatera sudah sangat lihai dan dia sudah terbiasa. Perjalanan itu sapat ditempuh selama tiga hari tiga malam.

Warga Desa Kota Nopan, Mandailing Natal mengakui awal dia bekerja hanya ikut-ikutan bersama ayahnya dan cuma membantu sebagai kenek. 

Pria tamatan SMK ini menjelaskan awalnya dia belajar mobil biasa, karena sering ikut bus dia akhirnya bisa dan dikasi satu jalur pendek terlebih dahulu. 

"Awalnya jalan di mobil 106, Medan-Bukit Tinggi," kata Afrizal. 

Di jalur Bekasi-Medan sekarang ini, diungkapkannya sebenarnya hanya menggantikan ayahnya. Sebanarnya mobil dengan nomor pintu 131 itu adalah yang disopiri ayahnya. 

Diakuinya ayahnya saat ini sedang istirahat di rumah, untuk sementara dia menggantikan ayahnya di bus tersebut. 

Dia juga menjelaskan bagaimana perasaanya mengendarai bus dengan membawa banyak penumpang. 

"Susahnya itu standatlah, paling yang susah (ketika) jalan-jalan sempit, apalagi ada mobil bus juga pas-pasan," katanya. 

Bus yang dikendarai Aprizal bekelas atau berfasilitas AC Ekonomi dengan ketersediaan kursi 2-2. Harga tiket bus dengan tujuan Jakarta-Medan ialah Rp435 ribu. (fahmi)