press enter to search

Selasa, 20/04/2021 17:18 WIB

Erdogan Lanjutkan Proyek Terusan Istanbul Senilai Rp133,8 Triliun, meski Dikritik Oposisi

Dahlia | Rabu, 07/04/2021 20:33 WIB
Erdogan Lanjutkan Proyek Terusan Istanbul Senilai Rp133,8 Triliun, meski Dikritik Oposisi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

ANKARA (aksi.id) – Turki dalam waktu dekat akan mengadakan tender untuk proyek pembangunan terusan besar di pinggiran Kota Istanbul. Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Rabu (7/4/2021) menyatakan, peletakan batu pertama terusan itu akan dilaksanakan pada musim panas (antara Juni – Agustus) tahun ini.

“(Proyek terusan) ini akan menjadi ‘saluran angin baru’ bagi kawasan,” kata Erdongan di hadapan para anggota Parlemen Turki dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa, dikutip Reuters

Proyek Terusan Istanbul akan menghubungkan Laut Hitam di utara Istanbul ke Laut Marmara di selatan kota bersejarah itu. Proyek itu diperkirakan menelan biaya sekitar 75 miliar lira Turki (Rp133,8 triliun).

Pemerintah Turki menyatakan, Terusan Istanbul bakal mengurangi lalu lintas laut di Selat Bosphorus dan mencegah kecelakaan.

Akan tetapi, para kritikus menilai proyek itu hanya akan mendatangkan malapetaka lingkungan dan mencemari sumber daya air tawar di wilayah tersebut. Sementara, Turki telah menyetujui rencana pengembangan proyek itu bulan lalu.

Menurut Erdogan, dia akan tetap melanjutkan rencana pembangunan Terusan Istanbul, terlepas dari suka atau tidaknya partai-partai oposisi dan lawan politik lainnya. (lia/sumber:inews.id) 

Keyword Erdogan Turki