press enter to search

Sabtu, 15/05/2021 07:03 WIB

`Pilot` Bus Maju Lancar: Mudik Jangan Dilarang, Rakyat Kecil Butuh Makan dan Ngurusin Anak-Anak

Dahlia | Selasa, 06/04/2021 20:40 WIB
Sopir bus Maju Lancar, Sutris tengah mengendari bus bernomor pintu 210.

BEKASI (aksi.id) - Pengemudi bus antarkota antarpropinsi (AKAP) mengeluhkan adanya larangan mudik pada 6-17 Mei 2021 pada lebaran Idul Fitri. 

Salah satunya ialah pengemudi bus PO Maju Lancar jurusan Jakarta-Yogyakarta. 

"Kalau larangan mudik itu, kalau bisa jangan. Soalnya rakyat kecil itu butuh makan, butuh ngurusin anak-anak," ucap Sutris di kantor PO Maju Lancar, Bulak Kapal, Bekasi, Selasa (6/4/2021). 

Dia juga menuturkan keahliannya dan usaha untuk mencukupi keluarga hanya dari profesi dia sebagai pengemudi bus saja. 

"Kita bisanya cuma nyupir bus," katanya. 

Saat ditemui BeritaTrans.com, warga Wonosari, Gunung Kidul ini menceritakan mengenai keberatannya saat mudik dilarang. 

Dengan seragam perpaduan baju hijau muda dan celana hijau tua, pria 45 tahun ini tampak serasi dengan warna bus yang juga berwarna senada tengah asik memutarkan kemudi armada di jalan Bulak Kapal tersebut. 

Selain musim mudik yang merupakan andalan saat mengais rezeki dan bonus, kini keberangkatan bus juga dibatasi karena penumpang semakin berkurang. 

Pengurus agen tiket mengungkapkan saat pandemi, bus yang diberangkatkan dari Jakarta ada sebanyak 10 bus, padahal sebelumnya bisa mencapai 15 bahkan lebih. 

Bus Maju Lancar ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat yang tiggal di Wonosari maupun di Yogyakarta. Karena bus ini dapat dengan muda dijumpai di sepanjang jalan raya Wonosari saat siang menjelang sore hari. 

Banyak masyarakat yang akan berpergian atau hendak pulang ke kampung halamannya baik dari arah Jawa Tengah atau Jakarta.

Armada bus yang digunakan oleh Bus Maju Lancar ini adalah menggunakan chasiss bus buatan Hino. 

Adapun tiket bus dengan tujuan akhir Wonosari tersebut ialah Rp190 ribu untuk kelas. 

Armada bus tersebut juga telah dilengkapi dengan suspensi udara yang dapat meredam suara dan mmeredam getaran yang ada di dalam bus. Sehingga perjalanan anda akan bertambah nyaman.(fahmi)