press enter to search

Selasa, 22/06/2021 17:20 WIB

Melinda Bisa Jadi Wanita Terkaya Kedua Dunia, Setelah Cerai dari Bill Gates

Redaksi | Kamis, 06/05/2021 12:01 WIB
 Melinda Bisa Jadi Wanita Terkaya Kedua Dunia, Setelah Cerai dari Bill Gates Bill Gates dan Melinda Gates. Foto: BBC Magazine

Jakarta (aksi.id)  - Bill Gates dan istrinya Melinda Gates bercerai setelah menikah selama 27 tahun. Setelah resmi bercerai dengan Bill yang termasuk salah satu orang terkaya di dunia, Melinda bisa menjadi perempuan terkaya kedua di dunia.

Dalam dokumen perceraian yang didaftarkan di pengadilan King County di negara bagian Washington, Melinda mengatakan pernikahannya dengan sang pendiri Microsoft telah rusak. Ia kemudian meminta pengadilan untuk membagi kekayaan keduanya yang berjumlah USD 146 miliar atau Rp 2.107 triliun.

Lewat dokumen tersebut juga terungkap bahwa keduanya tidak menandatangani perjanjian pra nikah saat menikah pada tahun 1994. Berdasarkan hukum negara bagian Washington, pasangan yang tidak memiliki perjanjian pra nikah harus membagi harta gono-gini secara merata jika bercerai.

Jadi kemungkinan Melinda bisa mengantongi USD 73 miliar atau Rp 1.053 triliun. Dengan kekayaan tersebut, ia bisa menjadi perempuan terkaya kedua di dunia, di belakang pemilik L`Oreal Françoise Bettencourt Meyers yang saat ini kekayaannya sebesar USD 83 miliar, seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (5/5/2021).

Harta Bill dan Melinda mencakup rumah utama yang menghadap Danau Washington senilai USD 130 juta, rumah di pinggir pantai di San Diego senilai USD 43 juta, peternakan di Florida senilai USD 59 juta dan peternakan seluas 492 acre di Wyoming.

Selain properti, keduanya juga memiliki beberapa pesawat jet pribadi dan mobil mewah, termasuk Porsche 959 yang langka seharga USD 2 juta dan mobil listrik Porsche Taycan.

Selain itu, pasangan ini juga termasuk salah satu pemilik lahan pertanian terbesar di AS dengan luas 242.000 acre di 18 negara bagian yang memiliki nilai sekitar USD 700 juta. Sebagai pembanding, luas tanah tersebut setara dengan luas Hong Kong.

Washington merupakan segelintir dari negara bagian di AS yang memiliki hukum `properti komunitas` yang menganggap sebagian besar properti yang diperoleh selama pernikahan adalah milik bersama pasangan dan harus dibagi rata.

Proses perceraian masih akan memakan waktu cukup panjang. Bill Gates dan Melinda dijadwalkan hadir di pengadilan pada Maret atau April 2022 untuk menyelesaikan prosedur perceraian mereka.

Perceraian Bill Gates dan Melinda diumumkan tidak lama setelah pendiri Amazon dan orang terkaya di dunia Jeff Bezos bercerai dengan istrinya MacKenzie Scott. Keduanya bercerai setelah menikah selama 25 tahun.

Setelah bercerai dari Bezos pada tahun 2019, Scott menjadi perempuan terkaya keempat di dunia dengan kekayaan sebesar USD 38 miliar yang sebagian besar datang dari sahamnya di Amazon. Sama seperti Bill dan Melinda, Scott termasuk miliarder yang rajin beramal dan sudah menyumbangkan USD 6 miliar di tahun 2020. (ny/Sumber: detrik.com)