press enter to search

Kamis, 02/05/2024 20:45 WIB

Sebagai Kepala Kamar Mesin, Pelaut ini Bergaji Total Rp8 juta

Dahlia | Sabtu, 08/05/2021 12:44 WIB
Sebagai Kepala Kamar Mesin, Pelaut ini Bergaji Total Rp8 juta Foto:aksi.id/BeritaTrans.com/Ahmad)

JAKARTA (aksi.id) - Pagi menjelang siang di akhir pekan ini, tak nampak kesibukan yang sangat berarti di Pelabuhan Marunda, Jakarta Utara, Sabtu (08/05/2021). 

Terlihat ada satu kegiatan bongkar muat batubara dari tongkang yang ditarik oleh kapal tugboat Noah IX yang bersandar di Sungai Blencong, Marunda, Jakarta Utara. 

Adalah Catur Butomo salah satu dari 10 kru kapal tugboat tersebut mengatakan," Kapal ini bawa tongkang dengan muatan batubara dari Palembang menuju ke sini (Marunda-red) dengan lama perjalanan 4 hari. Alhamdulillah air laut sedang tenang, ombak tidak terlalu besar jadi bisa cepat sampai Jakarta,"tutur Kepala Kamar Mesin (KKM) saat ditemui BeritaTrans.com di atas kapal. 

Bermula memang sudah berkeinginan jadi seorang pelaut, Catur sebagai ayah anak ini setelah lulus SMSMP melanjutkan ke Sekolah Pelayaran Menengah di Yogyakarta," Saya memang berkeinginan menjadi pelaut, setelah lulus sekolah pelayaran Putra Samudera di Yogyakarta tahun 2009 dan mulai bekerja 2012 hingga sekarang, sebagai KKM tingkat ATT-IV Manajemen. 

Bicara soal gaji dia mengungkapkan dalam sebula mendapatkan sekitar Rp5 juta ditambah bonus tiga juta, juga ada kesejahteraan, kesehatan dan lainnya yang didapat. 

Menjelang Idul fitri tahun ini ia tidak bisa pulang karena masih ada trayek jadi tahun ini gak mudik lebaran, keluarga ada di Yogyakarta, dan ia kesehariannya tinggal di dalam kapal tersebut. 

Saat bekerja Catur selalu mengenakan alat pelindung diri dalam bekerja dan ditambah penutup telinga untuk mengurangi kebisingan dari suara mesin.(ahmad) 

Keyword Pelaut