press enter to search

Kamis, 02/05/2024 02:55 WIB

Top, Kelurahan Kebon Kosong Raih 2 Penghargaan dari Kemenkumham

Redaksi | Rabu, 07/06/2023 19:07 WIB
Top, Kelurahan Kebon Kosong Raih 2 Penghargaan dari Kemenkumham Lurah Kebon Kosong usai menerima penghargaan

JAKARTA (aksi.id) - Top, Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat menerima dua penghargaan dari Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Penghargaan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi Kemenkumham bagi para kepala desa/lurah se Indonesia yang telah berdedikasi dengan baik kepada masyarakat.

“Saya kaget dan senang tidak menyangka bisa memeroleh dua penghargaan sekaligus yakni penghargaan Non Litigation Peacemaker/NLP (Hakim Perdamaian atau juru damai desa/kelurahan dan penghargaan Anubhawa Sasana Kelurahan Jagadhita) sukses mengembangkan program pemberdayaan masyarakat dengan menggali potensi wilayah, memerhatikan kelayakan investasi, sektor pariwisata dan membuka lapangan kerja )," urai Lurah Kebon Kosong, Alfalast Susentyo Dewanto, Rabu (7/6/2023).

Dia menuturkan, proses untuk memeroleh penghargaan tersebut cukup panjang, mulai dari seleksi administrasi, audisi, dan pelatihan, Paralegal Academy berlangsung dari 29 Mei hingga 1 Juni 2023.

Diikuti 765 Lurah/Kepala Desa/Wali Nagari dari Aceh sampai Papua.

Alfalast menambahkan, saat Paralegal Academy semua dituntut aktif untuk memberikan masukan.

"Kita juga dites  wawancara secara rinci dan komprehensif mengenai penyelesaian masalah di wilayah dan juga peran aktif kita dalam memperdayakan masyarakat berinovasi, menciptakan peluang investasi dan membuka lapangan pekerjaan," ujarnya.

Ke depan, ada harapan dari Walikota Jakarta Pusat, agar dapat diterapkan sebaik mungkin, bisa menyelesaikan masalah di wilayah,  rencananya di wilayah Kemayoran akan dibuat Rumah Restorasi Justice dan bisa berperan di sana.

“Selain itu juga saya berharap wilayah bisa lebih maju lagi dengan outcome pemberdayaan masyarakat yang lebih baik lagi,“ imbuhnya. (omy)