press enter to search

Kamis, 18/04/2024 18:05 WIB

Sat set! Check-in Pesawat dalam Satu Genggaman dengan Aplikasi Travelin di Bandara Palembang

Redaksi | Selasa, 15/08/2023 17:15 WIB
Sat set! Check-in Pesawat dalam Satu Genggaman dengan Aplikasi Travelin di Bandara Palembang Penumpang di Bandara SMB II nikmati layanan aplikasi travelin

PALEMBANG (Aksi.id) - PT Angkasa Pura II, pengelola 20 bandara di Indonesia terus mengembangkan aplikasi Travelin guna memberikan pengalaman terbaik dalam melakukan perjalanan udara bagi masyarakat dan tentu saja semakin nyaman. 

Aplikasinya jadi bikin sat set ! Check-in pesawat dalam satu geggaman dengan Travelin di Bandara Palembang dan banyak benefit lainnya yang dapat dinikmati. Aplikasi Travelin sendiri sudah bisa diunduh di iOS dan Android sehingga dapat dipasang dengan mudah di ponsel.

Executive General Manager Bandara Sultan Mahmud  Badaruddin II R Iwan  Winaya Mahdar mengatakan, aplikasi Travelin terus berinovasi, dilengkapi dengan berbagai fitur yang bermanfaat bagi penggunanya. 

“Aplikasi Travelin ini mendukung penerapan digitalisasi pada aspek pelayanan di bandara-bandara AP II, termasuk Bandara Sultan  Mahmud Badaruddin  II. Melalui aplikasi Travelin, pelayanan berbasis digital di bandara dapat dirasakan langsung oleh pengguna,” ucapnya, Selasa (15/8/2023).

Pengguna aplikasi Travelin bisa menemukan beragam fitur untuk mendapatkan informasi atau layanan, agar bisa lebih nyaman dan mudah saat bepergian melalui Bandara Sultan Mahmud Badarudin II.

Pada aplikasi Travelin, di halaman beranda pengguna dapat memilih Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di kiri atas. Setelah itu, fitur informasi dan layanan kemudian mengikuti dengan apa yang ada di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. 

Selanjutnya, pengguna dapat memilih ingin mendapatkan informasi atau layanan pada Before You Fly (sebelum melakukan penerbangan) atau While You Are Here (saat berada di bandara).

Pada Before You Fly, pengguna bisa memilih fitur informasi dan layanan: E-check in, Transportation (transportasi publik), Shop & Dine, E-Commerce, Premium Services, e-Reading dan eSIM. 

"Pada fitur E-check in, pengguna dapat melakukan check in keberangkatan penerbangan melalui aplikasi Travelin. Pada fitur Shop & Dine, pengguna bisa mengetahui seluruh tenant yang ada di bandara," urai Iwan.

Pada fitur Premium Services, pengguna bisa mendapatkan layanan premium seperti misalnya layanan Concierge Express dan Car Rental di bandara. Kemudian pada While You Are Here, pengguna bisa memilih fitur informasi dan layanan: Tourism, Wi-Fi, Emergency, News, Link Aja, Airportainment, Hotels dan Premium Services. 

Pada fitur Tourism, pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi terkait destinasi wisata yang terdapat di kota di mana bandara berada. Kemudian pada fitur Wi-Fi, pengguna bisa mendapatkan informasi untuk terkoneksi dengan Wi-Fi di bandara. 

"Fitur Emergency juga bisa dimanfaatkan pada kondisi tertentu, fitur ini membuat penggua bisa langsung terhubung dengan personel di bandara saat membutuhkan bantuan," ujar dia. 

Tidak hanya itu, aplikasi Travelin juga memiliki fitur Business Opportunity yang menyediakan informasi mengenai komersial dan peluang usaha di bandara.  Aplikasi Travelin juga menyediakan informasi penerbangan secara real time.

“Informasi penerbangan di Travelin ini terkoneksi dengan Flight Information Display System (FIDS) di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, sehingga bisa menjadi rujukan pengguna untuk mengetahui jadwal penerbangan,” imbuh.  

Di aplikasi Travelin, pengguna juga dapat membuat Airport ID untuk mendapatkan beragam layanan berbasis teknologi seperti TravelinPass. 

Layanan TravelinPass memungkinkan pengguna dapat memproses keberangkatan penerbangan dengan teknologi pengenalan wajah (biometric face recognition). (fhm)