press enter to search

Kamis, 18/04/2024 18:19 WIB

Personel Airport Security Angkasa Pura I Saling Uji Tangkas dalam RASCO 2023

Fahmi | Kamis, 05/10/2023 17:06 WIB
Personel Airport Security Angkasa Pura I Saling Uji Tangkas dalam RASCO 2023 Foto:Humas AP1

JAKARTA (Aksi.id) - PT Angkasa Pura I (AP1) menggelar kegiatan Regional Airport Security Scale Up Competition (RASCO) 2023.

Kegiatan tersebut merupakan ajang kompetisi yang digelar untuk menguji kompetensi personel Airport Security di lingkungan AP1, serta diikuti oleh perwakilan dari 15 bandara yang dikelola.

RASCO 2023 dilaksanakan dalam tiga tahapan, dengan tahapan pertama adalah Play-Off Stageqa yang dilaksanakan pada Rabu (4/10) secara online. Dalam tahapan ini, 15 tim yang diawaki 3 personel Airport Security diadu kemampuannya dengan 8 tim dinyatakan lolos ke tahapan kedua, yakni Semifinal. Tahapan Semifinal akan dilaksanakan pada 11 Oktober mendatang, serta akan digelar secara online untuk menentukan 3 tim yang berhak untuk lanjut ke tahapan ketiga.

Sedangkan tahapan ketiga merupakan Final Stage yang akan dilaksanakan secara offline pada 19 Oktober mendatang, bertempat di Gedung Center for Excellence (CFE) AP1 di Jakarta.

"Ajang RASCO 2023 digelar untuk menguji kemampuan dan kompetensi dari personel Airport Security dari 15 kantor cabang bandara yang dikelola AP1. Personel Airport Security memiliki tanggung jawab yang sangat penting dalam aspek keamanan dan pengamanan bandara, sehingga ajang seperti ini penting untuk mengasah dan meningkatkan kompetensi, sekaligus merupakan sarana _refreshment_ bagi personel terkait pengetahuan tentang aspek keamanan bandara," ujar Direktur Operasi AP1 MMA Indah Preastuty dalam keterangan resmi, Rabu (4/10/2023).

"Saat ini trafik pergerakan penumpang, pesawat udara, dan kargo di 15 bandara AP1 terus menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan, serta bahkan sudah semakin menuju ke trafik pada masa sebelum pandemi. Selain itu, saat ini berbagai event berskala nasional dan internasional yang melibatkan bandara AP1 juga sudah banyak digelar, sehingga menuntut kinerja personel Airport Security yang prima. Dalam kaitannya dengan kedua hal tersebut, ajang RASCO menjadi sarana yang cukup penting," lanjut Indah.

RASCO 2023 menguji kompetensi, pengetahuan, dan pemahaman personel Airport Security mengenai regulasi skala nasional dan internasional terkait keamanan penerbangan dan keamanan bandara.

Dalam pelaksanaannya, RASCO 2023 melibatkan dewan juri eksternal yang berasal dari Direktorat Keamanan Penerbangan Kementerian Perhubungan dan Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug, serta dewan juri internal dari Airport Security Group AP1.

Selain menghadirkan dewan juri eksternal dari komunitas aviasi nasional, RASCO 2023 juga menghadirkan panelis dari komunitas aviasi internasional, yaitu First Secretary (Transport) CISC Australian Embassy Julie Lewis, dan Manager Security and Facilitation Airport Council Internasional (ACI) Asia Pacific Gary Leung.

"Kami berharap ajang semacam RASCO yang digelar setiap dua tahun sekali ini dapat berkontribusi positif terhadap peningkatan kapasitas dan kompetensi personel Airport Security di bandara kami, serta dapat memenuhi harapan stakeholder melalui pengelolaan sumber daya manusia yang unggul," pungkas Indah.(***)