press enter to search

Kamis, 18/04/2024 17:22 WIB

Jasa Raharja Bandung Sampaikan Program PPKL Kepada Pengajar dan Peserta Didik di Unpas

Redaksi | Selasa, 20/02/2024 15:39 WIB
Jasa Raharja Bandung Sampaikan Program PPKL Kepada Pengajar dan Peserta Didik di Unpas Jasa Raharja Bandung Sampaikan Program PPKL Kepada Pengajar dan Peserta Didik di Unpas Kota Bandung.

BANDUNG (Aksi.id) -- Kecelakaan lalu lintas merupakan kejadian pada lalu lintas yang diakibatkan oleh satu atau lebih kendaraan yang dapat menyebabkan cedera pada korban, ataupun kerusakan dan kerugian. Terjadinya Kecelakaan lalu lintas merupakan kejadian yang sulit untuk diprediksi.

Dalam Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan jalan, Kecelakaan lalu lintas adalah suatu peristiwa di jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan/atau kerugian harta benda.

Kota Bandung sendiri merupakan salah satu kota besar dengan jumlah kendaraan bermotor yang cukup tinggi dan juga tidak lepas dari terjadinya kecelakaan lalu lintas. Dari banyaknya kejadian kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kota Bandung, mayoritas yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas merupakan masyarakat dengan usia produktif dengan rentang usia 15-30 tahun. Adanya korban kecelakaan lalu lintas dengan usia tersebut menjadi perhatian dari Jasa Raharja Kota Bandung.

Berdasarkan hal tersebut di atas, Jasa Raharja Bandung mengadakan sosialisasi Program PPKL (Pengajar Peduli Keselamatan Lalu Lintas).  Pada Selasa, 20 Februari 2024, Jasa Raharja Bandung memberikan pemahaman mengenai Program PPKL di Universitas Pasundan Kota Bandung. Anggi Angghara sebagai Staf Jasa Raharja Bandung menjelaskan mengenai Program PPKL, dimana Program tersebut merupakan salah satu upaya program pencegahan kecelakaan yaitu dengan memberikan edukasi kepada para guru/dosen atau pengajar yang nantinya dapat menyampaikan pesan keselamatan tersebut kepada para peserta didik, sehingga wawasan para peserta didik akan bertambah terkait tertib dalam berlalu lintas.

“Dengan adanya Program PPKL tersebut, diharapkan para peserta didik dapat berhati-hati dalam berkendara. Sehingga hal tersebut dapat menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas, terutama di usia prduktif. Dan secara umum juga dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas di Kota Bandung,” ucap Anggi.

Anggi lanjut mengatakan, Jasa Raharja Bandung terus mengimbau dan mengingatkan untuk selalu berhati-hati di jalan dan selamat sampai tujuan.