press enter to search

Kamis, 18/04/2024 18:33 WIB

Libur Panjang, Perpindahan Pengguna Commuter Line Ramai di Stasiun Sekitar Kawasan Perbelanjaan

Ahmad Bashori | Sabtu, 30/03/2024 20:37 WIB
Libur Panjang, Perpindahan Pengguna Commuter Line Ramai di Stasiun Sekitar Kawasan Perbelanjaan Stasiun Cikarang.Foto:istimewa/dok/ahmad

Jakarta (aksi.id) - Menurut survei terkait Lebaran Tahun 2024 oleh Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, keperluan dalam menyiapkan makanan dan minuman untuk hidangan lebaran serta keperluan baju atau pakaian baru merupakan keperluan utama masyarakat dalam menghadapi Lebaran tahun ini. Terpantau pada libur panjang akhir pekan perayaan Paskah pun digunakan masyarakat untuk mempersiapkan keperluan-keperluan tersebut.

Dari pergerakan pengguna Commuter Line pada libur akhir pekan ini, terpantau perpindahan pengguna dari stasiun keberangkatan menuju stasiun-stasiun tujuan di Kawasan pusat perbelanjaan. Seperti Stasiun Tanah Abang yang berada di kawasan sentra ekonomi Pasar Tanah Abang sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Asia Tenggara.

Sebagai tambahan lagi, data yang disajikan Litbang Kompas berdasarkan hasil surveinya yang berkaitan langsung dengan kebiasaan masyarakat di bulan Ramadhan dalam mengalokasikan pengeluaran untuk keperluan dengan persentase masing-masing keperluan diantaranya membeli baju baru (43 persen), mudik (30 persen), zakat dan sedekah (30 persen), membeli makanan sahur dan buka puasa (29 persen), serta acara buka puasa bersama (29 persen).

Dengan didukung integrasi antar-moda transportasi yang salah satunya Commuter Line, menjadikan Stasiun Tanah Abang sebagai stasiun tujuan pengguna terbanyak pada libur akhir pekan ini dengan setiap harinya semakin menunjukkan peningkatan selama menghadapi waktu lebaran. Sabtu sore, (30/3) hingga pukul 16.00 WIB tercatat pengguna yang menuju Stasiun Tanah Abang sebanyak 59.703 orang. 

Selain Stasiun Tanah Abang, stasiun-stasiun lain yang dekat dengan Kawasan perbelanjaan juga menunjukan peningkatan jumlah pengguna. Stasiun Tebet yang juga dekat dengan Kawasan perbelanjaan tercatat sebanyak 11.715 orang yang turun di stasiun tersebut. Selain itu, Stasiun Depok Baru juga mencatat pengguna yang turun di stasiun tersebut sebanyak 10.241 orang.

Selain stasiun-stasiun sekitar kawasan pusat perbelanjaan, stasiun di sekitar kawasan wisata juga terpantau ramai. Sesuai dengan survei dari Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub tersebut, masyarakat juga melakukan kegiatan wisata bersama keluarga, dan menggunakan Commuter Line sebagai transportasi untuk menuju tempat-tempat wisata tersebut.

Stasiun Bogor salah satunya, hingga pukul 16.00 WIB tercatat pengguna yang turun di stasiun tersebut sebanyak 17.131 orang. Sementara itu, Stasiun Jakarta Kota yang berada di Kawasan wisata Kota Tua mencatat sebanyak 9.148 orang yang turun di stasiun tersebut. 

Sebagai informasi, pada hari Sabtu ini KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 1.037 perjalanan pada seluruh lintas layanan. KAI Commuter juga mencatat hingga pukul 16.00 WIB tercatat volume pengguna Commuter Line Jabebetabek sebanyak 393.068 orang.

KAI Commuter terus mengajak kepada seluruh pengguna dalam bercommuter untuk selalu mengikuti aturan-aturan yang berlaku dan selalu menghormati pengguna lainnya. Bagi pengguna yang sedang menunggu perjalanan commuter line di area stasiun, dahulukan pengguna yang akan keluar dan menunggu perjalanannya di belakang garis kuning dan selalu memperhatikan celah antara peron dengan kereta.(ahmad)