press enter to search

Sabtu, 25/05/2024 19:16 WIB

Hari ke-8 Masa Angkutan Lebaran, KAI Commuter Catat Tren Kenaikan Pengguna Commuter Line Basortta dan Commuter Line Merak

Ahmad Bashori | Minggu, 07/04/2024 17:55 WIB
Hari ke-8 Masa Angkutan Lebaran, KAI Commuter Catat Tren Kenaikan Pengguna Commuter Line Basortta dan Commuter Line Merak Foto:istimewa

Jakarta (aksi.id) - Memasuki hari ke-8 masa Angkutan Lebaran Idul Fitri tahun 2024/1445 Hijriyah ini, atau Mulai 31 Maret hingga 7 April 2024 terpantau tren kenaikan volume pengguna Commuter Line. Kenaikan yang cukup signifikan pada pengguna Commuter Line Bansoetta. Selain itu juga volume pengguna Commuter Line Merak mengalami tren yang sama.

Hingga 6 April 2024 kemarin atau hari ke-7 masa Angkutan Lebaran KAI Commuter telah melayani Pengguna Commuter Line Basoetta sebanyak 54.786 orang. Dimana hari kerja terakhir atau Jumat (5/4) merupakan volume tertinggi hingga saat ini mencapai 11.287 orang. Sedangkan Sabtu 6 April kemarin pengguna menuju Bandara dengan Commuter line diangka 10.747 orang. Angka tersebut naik sebesar 55-61 % dari rata-rata volume sebelum masa libur lebaran tahun ini.

Pada masa awal libur lebaran ini dan seiring dengan meningkatnya pemudik yang menuju Bandara dengan menggunakan kereta, KAI Commuter mengantisipasi dengan menambahkan 8 perjalanan menjadi 64 perjalanan saat sebelum lebaran yaitu mulai 5-8 April dan pasca lebaran yaitu tanggal 13-16 April 2024. 

Sementara itu pada awal libur lebaran untuk jumlah pengguna Commuter Line Merak juga mengalami peningkatan. Jika pada hari kerja terakhir sebelum libur lebaran Jumat, (5/4) KAI Commuter mencatat volume Commuter Line Merak sebanyak 11.098 orang. Sedangkan pada Sabtu 6 April kemarin tercatat sebanyak 11.934 orang. Angka tersebut lebih besar 4% jika dibanding rata-rata volume pengguna hari libur pada minggu kemarin.

Pada masa angkutan lebaran tahun ini, mulai 3-9 April 2024 KAI Commuter bersama Dirjen Hubungan Darat Kemenhub dan PT ASDP Indonesia Fery (Persero) melakukan penyesuaian operasional layanan Commuter Line Merak untuk mendukung pengaturan lalu-lintas di Kawasan Pelabuhan Merak. 

Dimana pada periode tersebut layanan perjalanan Commuter Line Merak perjalannya hanya sampai Stasiun Cilegon. Bagi pengguna Commuter Line Merak yang akan menuju Stasiun Merak atau ke area Pelabuhan Merak, bisa menggunakan transportasi lanjutan yang disediakan di Stasiun Cilegon secara gratis.  

Khusus operasional Commuter Line Jabodetabek, pada masa awal libur lebaran ini tidak mengalami peningkatan volume pengguna. KAI Commuter mencatat volume pengguna pada Sabtu (6/4) sebanyak 723.399 orang. Namun demikian, KAI Commuter tetap mengoperasikan sebanyak 1.061 perjalanan untuk melayani pengguna Commuter Line Jabodetabek.

Pada Minggu (7/4), hingga pukul 13.00 wib tercatat volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 231.802 orang. Dimana masih terpantau pergerakan pengguna didominasi di stasiun-stasiun yang terletak di kawasan pusat perbelanjaan atau sentra bisnis lainnya serta stasiun di sekitar Kawasan tempat wisata.

Terpantau di Stasiun Tanah Abang, hingga pukul 13.00 WIB pengguna yang turun sebanyak 42.390 orang. Sedangkan Stasiun Bogor mencatat 14.823 orang yang turun di stasiun tersebut. Sementara itu di Stasiun Rangkasbitung sebagai stasiun transit untuk pengguna Commuter Line Merak, tercatat sebanyak 9.558 orang.

KAI Commuter mengingatkan bagi pengguna commuterline yang membawa anak minimal usia 3 tahun atau tinggi minimal 90 cm sudah diwajibkan untuk membeli tiket. Pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan orang tua atau pendamping selama dalam perjalanan. Menjaga barang bawaan dan mengikuti arahan petugas selama dalam perjalanan.

KAI Commuter mengajak untuk selalu rencanakan perjalanan dengan cermat. Jika membutuhkan bantuan Informasi lain, pengguna bisa menghubungi layanan 24 jam Contact Center 021-121, atau mengirimkan email ke commuter.care@krl.co.id dan layanan Media Sosial @commuterline.(ahmad)