press enter to search

Jum'at, 26/04/2024 14:00 WIB

PPSU dan Pasukan Biru Tes Kesehatan TBC

Redaksi | Jum'at, 15/03/2019 14:44 WIB
PPSU dan Pasukan Biru Tes Kesehatan TBC Tes kesehatan di Jakarta Pusat (ist)

JAKARTA (aksi.id) - Pasukan Prasarana Sarana Umum (PPSU), pasukan biru Sumber Daya Air (SDA) dan warga Kenari, Jakarta Pusat melakukan scarening penyakit menular dan tidak menular berupa pemeriksaan TBC, HIV dan Penyakit Tidak Menular (PTM).

Kegiatan tersebut dibuka Sekretaris Kota (Seko) Jakarta Pusat, Iqbal Akbaruddin, di RPTRA MH. Thamrin, Kel. Kenari, Kecamatan Senen, Jumat (15/3/2019 ). Ikut Hadir dalam pelaksanaan tes kesehatan Camat Senen, Romi dan Lurah Kenari, Ojo Juriah.

Iqbal Akbarudin mengatakan, penyakit TBC merupakan penyakit menular yang sangat berbahaya dan ini perlu hati-hati.

"Untuk menghindari hal tersebut diminta seluruh warga menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh serta menjaga lingkungan supaya tetap bersih dan asri," kata Iqbal.

Dikatakannya, TBC penyakit menular nomor satu di Indonesia yang menyebabkan kematian, harus hati-hati dan waspada terhadap TBC.

Jika ditemui di sekitar lingkungan tempat tinggal kita ada warga atau saudara yang terindikasi penyakit TBC, agar langsung melaporkan ke Pusekesmas, Kelurahan atau kecamatan supaya segera diambil tindakan untuk pengobatan secara tuntas.

Iqbal mengharapkan, seluruh masyarakat, UKPD lintas sektoral untuk dapat terlibat dalam pencegahan dan pengendalian TBC, agar Indonesia khususnya wilayah Jakarta Pusat bebas dari TBC.

"Ini tidak hanya tugas Dinas Kesehatan saja tetapi semua unsur terlibat," tambahnya.

Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Pusat, Erizon Safari menmbahkan, pencanangan kegiatan deteksi dini TBC bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dan pemangku kebijakan dalam penuntasan TBC di Indonesea khususnya di wilayah Jakarta Pusat.

Kegiatan ini diisi dengan talk show tentang TBC deteksi dini terhadap anggota PPSU dan pasukan biru SDA sebanyak 150 orang serta 90 orang warga kecamatan Senen.

"Tes dilakukan scarening kesehatan antara pemerikasaan TBC, HIV, Hipatitis C, Diabetes, dan Hipertensi," pungkas dia. (omy)

Keyword

Artikel Terkait :

-