press enter to search

Sabtu, 07/12/2019 11:42 WIB

BPTJ Serahkan Penghargaan untuk Pelaku Transportasi

Dahlia | Selasa, 29/10/2019 21:47 WIB
BPTJ Serahkan Penghargaan untuk Pelaku Transportasi Foto: istimewa

JAKARTA (aksi.id) – Guna memacu peningkatan kualitas layanan angkutan umum, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) kembali memberikan penghargaan kepada para pelaku transportasi di wilayah Jabodetabek.

Penghargaan tahunan ini diberikan kepada pramudi dan masinis teladan, serta operator angkutan umum terbaik di wilayah Jabodetabek. Penyerahan penghargaan diberikan langsung oleh Kepala BPTJ, Bambang Prihartono, di Jakarta, Selasa (29/10/2019).

“Saya mengapresiasi awak angkutan umum baik dalam bidang transportasi jalan maupun perkeretaapian dan operator yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah sebagai regulator perlu bersinergi dengan pihak operator angkutan umum.

“Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, untuk itu kita perlu bekerjasama dengan operator angkutan umum dalam memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat,” kata Bambang.

Dia berharap, penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi para operator angkutan umum di Jabodetabek dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya harap ke depan akan ada terobosan atau inovasi dari operator angkutan umum sesuai dengan kondisi dan perkembangan untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat,” kata Bambang.

Terdapat empat kategori penghargaan yang diberikan, meliputi Pramudi Teladan Berbasis Bus, Pramudi Teladan Berbasis MPU/ Taksi, Masinis Teladan di Wilayah Jabodetabek, dan Operator Pelayanan Prima di wilayah Jabodetabek.

Penerima penghargaan ditentukan melalui serangkaian proses seleksi. Untuk pemilihan pramudi dan masinis teladan tahapan seleksi meliputi penguasaan teori, penguasaan praktek, pemeriksaan kesehatan; dan wawancara.

Sedangkan untuk pemilihan Operator Angkutan Umum Terbaik meliputi Pemeriksaan terhadap dokumen administrasi perusahaan yang berdomisili di Wilayah Jabodetabek dan pembinaannya menjadi kewenangan BPTJ; verifikasi kelengkapan dokumen administrasi perusahaan dan tahap final berupa paparan dan tanya jawab masing-masing perusahaan di depan Tim Penilai.

Guna menjaga independensi, Tim Penilai yang dibentuk berasal dari berbagai instansi meliputi BPTJ, DPP Organda, PT. Jasa Raharja, Korlantas Polri, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Ditjen Perkeretaapian, Ditjen Perhubungan Darat, Itjen Kemenhub, Balitbang Kemenhub, serta wakil dari KNKT.

Pemberian penghargaan kepada pelaku transportasi terbaik di Jabodetabek ini juga sejalan dengan langkah BPTJ dalam mewujudkan Indikator Kinerja Utama (IKU) sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor. 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ).

Salah satu sasaran yang harus dicapai pada akhir implementasi di tahun 2029 adalah pergerakan masyarakat yang menggunakan angkutan umum massal mencapai 60% dari jumlah pergerakan orang. (omy)

Keyword BPTJ