press enter to search

Sabtu, 10/04/2021 19:16 WIB

Menhub Bilang, Dukungan Stakeholder pada Tol Laut Sangat Dibutuhkan

Dahlia | Senin, 21/09/2020 15:37 WIB
Menhub Bilang, Dukungan Stakeholder pada Tol Laut Sangat Dibutuhkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

JAKARTA (aksi.id) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bilang dukungan stakehokder pada kesuksesan progran tol laut sangat dibutuhkan.

“Kami ada niat dan effort menjadikan tol laut suatu outcome yang menjadi asa bagi seluruh rakyat khususnya di wilayah timur, asa itu diharapkan menjadi kenyataan,” ujar Menhub saat menjadi Pembicara Kunci pada Webinar Peluncuran dan Bedah Buku “Tol Laut, Konektivitas Visi Poros Maritim Indonesia”, Senin (21/9/2020).

Menurutnya, seperti diketahui bahwa Indonesia ada lebih dari jumlah pulau yang banyak sekali, hamparan laut yang luas, dengan nusantara meliputi Asia Barat.

“Kami sangat membutuhkan dukungan stakeholders pelaku usaha dan stakeholders untik bisa dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Sejak kehadiran tahun 2015, dari tahun ke tahun terus dilakukan peningkatan layanan. Menyediakan program unggulan, pengangkutan logistik kelautan menghubungkan pelabuhan sampai ke pelosok, tujuan utamanya mengurangi disparitas harga antarwilayah.

“Trayek juga sudah ditambah, kami mencoba tingkatkan dengan membuat hub and spoke di beberapa tempat, tidak mungkin tanpa koordinasi dan kerja sama dengan stakeholder,” ungkap dia.

Menhub menegaskan sesuai amanah dari Presiden, pihaknya koordinir stakeholders melakukan upaya-upaya termasuk operator pelabuhan agar bisa lebih diimplementasikan supaya manfaatnya lebih besar khususnya untuk rakyat di wilayah timur.

Turut hadir pembicara Dirjen Perhubungan Laut R Agus H Purnono, Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI. Yudho Margono; Sekretaris Ditjen Perdagangan Dalam Negeri, Johni Marta; Bupati Pulau Morotai Maluku Utara, Benny Laos; Rektor ITS, Raja Oloan Saut Gurning.

Hadir juga para penanggap ahli yaitu Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Hj. Nurhayati; Ketua Umum INSA, Carmelita Hartoto; Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tj. Priok Capt. Wisnu Handoko; Ketua Umum Dewan Pemakai Jasa Angkutan Laut Indonesia, Toto Dirgantoro. (omy)