press enter to search

Selasa, 01/12/2020 12:25 WIB

INACA Terus Kontribusi Majukan Industri Penerbangan

Dahlia | Kamis, 19/11/2020 19:43 WIB
INACA Terus Kontribusi Majukan Industri Penerbangan Foto:istimewa

JAKARTA (aksi.id) -  Indonesia National Air Carriers Association (INACA) terus berkontribusi untuk memajukan industri penerbangan di Tanah Air. Ketua Umum INACA, Denon B. Prawiraatmadja mengemukakan, selama masa pendemi Covid-19 kepengurusannya telah melakukan sejumlah langkah serta upaya agar industri penerbangan pada umumnya dan para anggotanya pada khususnya dapat meningkatkan daya saing dan kinerja serta mendorong pertumbuhan bisnis penerbangan dan investasi baru di bidang penerbangan.

Selain itu, pihaknya mencoba membantu Pemerintah dalam menciptakan seluas-luasnya lapangan pekerjaan dan penyerapan kerja masyarakat.

"Kita ketahui bersama sejak Covid-19 , industri penerbangan merupakan sektor paling terdampak. Melihat hal ini INACA memcoba membuat forum komunikasi dan diskusi sehingga mampu menjembatani dan memberikan solusi industri penerbangan, terlebih di masa yang sangat berat ini," ujar Denon jumpa pers virtualnya di sela Rapa Umum Anggota (RUA) INACA 2020, Kamis (19/11/2020).

INACA memyampaikan mengenai Batas Usia Pesawat sehingga terbit Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No 27/2020 juncto Permenhub No 115/2020. Di mana dalam aturan tersebut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencabut aturan tentang pembatasan usia pesawat dan menggantinya dengan aturan baru yang mengembalikan batasan maksimal usia pesawat angkutan niaga sesuai aturan dari pabrikannya. Pihaknya juga mengusulkan diberikannya keringanan pembayaran bunga, angsuran perbankan dan keringanan pajak.

"Lalu ada usulan pembebasan lartas dan kemudahan/percepatan proses custome clearance melalui post-border policy.

Dan juga pada menghadapi masa Covid-19 ini pihaknya mengajukan insentif avtur dan biaya bandara, serta penangguhan biaya bandara sehingga maskapai dapat tetap beroperasi," urainya INACA juga membahas dengan Ditjen Perhubungan Udara dan stakeholders tentang Kebijakan pembatasan penerbangan pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSB) dan tarif penerbangan selama PSBB.

Sekretaris Jenderal INACA, Bayu Sutanto mengatakan, pihaknya mendorong masyarakat melakukan perjalanan kembali dengan transportasi udara. Pihaknya kerja sama dengan para maskapai, pengelola bandara dan Airnav Indonesia melakukan Safe Travel Campaign.

"Kita mengkampanyekan aman bepergian menggunakan transportasi udara yang dilakukan bersama seluruh maskapai anggota asosiasi di beberapa kota seperti Bali, Medan, dan Yogyakarta melalui Safe Travel Campaign.

Dalam kampaye tersebut, disosialisasikan kepada masyarakat bahwa di dalam pesawat ada satu sistem yang kita kenal dengan HEPA, yaitu di mana sistem sirkulasi di dalam pesawat ini diganti setiap dua menit sekali. (omy)