press enter to search

Selasa, 09/03/2021 00:01 WIB

Aptrindo Apresiasi Penghapusan Tilang di Jalan Raya

Wilam chon | Kamis, 21/01/2021 12:33 WIB
Aptrindo Apresiasi Penghapusan Tilang di Jalan Raya Ketum DPP Aptrindo

JAKARTA(Aksi.id): Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) mengapresiasi kebijakan Kapolri baru meniadakan tilang di jalan raya dengan menerapkan tilang elektronik (electronic traffic law enforcement /e-TLE).

Hal itu diungkapkan Ketum DPP Aptrindo Gemilang Tarigan dalam percakapan dengan Aksi.id , Kamis (21/1/2021), menanggapi program calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo akan menghapus tilang di jalan dan menggantinya dengan tilang elektronik.

Tarigan mengharapkan dengan penerapan tilang ekektronik dapat menghapuskan pungutan liar (pungli ). Karena setiap pelanggaran lalulintas jelas didukung bukti serta uang dendanya benar benar masuk kas negara.

Menurut Tarigan, dengan penerapan tilang secara transparans (menggunakan e-TLE,) dia yakin semua pengendara akan patuh pada peraturan lalulintas. Karena setiap pelanggaran tak dapat diselesaikan dengan cara cawe-cawe.

Kebijakan tilang elektronik ini akan mengangkat citra polisi. Kalau selama ini pelanggar lalu lintàs banyak lolos karena berbagai alasan seperti berstatus VIP, keluarga penguàsa atau dibebaskan dengan alasan lain. Sekarang kamera komputer tidak bisa diajak kompromi atau didebat, ujar Tarigan.

Dengan penerapan e-TLE, adu mulut mau pun adu otot antara pengemudi dan petugas di jalan bisa hilang termasuk akal bulus pengemudi angkutan barang akan berkurang. Kalau sekarang ada istilah kebijakan uang jalan sopir termasuk uang tilang di dalamnya, nanti berubah menjadi anggaran tilang elektronik, ujar Tarigan.

Kebijkan tilang elektronik ini diharapkan ditindak lanjuti oleh Kemenhub dengan menerapkan e-TLE di jembatan timbang, penyebrangan mau pun terminal, ujar Tarigan.
(wilam)

Keyword Tilang