press enter to search

Jum'at, 05/03/2021 05:29 WIB

Ribuan Pemuka Agama Jalani Vaksinasi Covid-19 di Masjid Istiqlal

Redaksi | Selasa, 23/02/2021 16:10 WIB
Ribuan Pemuka Agama Jalani Vaksinasi Covid-19 di Masjid Istiqlal

JAKARTA (Aksi.id)  - Sejumlah pemuka agama menjalani vaksinasi Covid-19 di Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Selasa (23/2/2021).

Wakil Ketua bidang Peribadatan Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengatakan, pemuka agama yang mengikuti vaksinasi ini mencapai ribuan orang.

"Jumlahnya ribuan dari semua agama, mulai dari Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu," kata Abu saat dihubungi Kompas.com, Selasa (23/2/2021).

Abu menambahkan, para pemuka agama itu berasal dari seluruh wilayah di Jakarta. Menurut dia, vaksinasi akan berlangsung selama dua hari.

"Kami dari pengurus Masjid Istiqlal mungkin disuntik belakangan, di hari kedua besok. Hari ini didahulukan yang dari luar," ujarnya.

Menurut Abu, kegiatan vaksinasi itu  digelar oleh Kementerian Kesehatan. Kementerian menyiapkan semuanya, mulai dari tenaga kesehatan hingga sosialisasi terkait giat vaksinasi itu.

"Kami hanya menyediakan tempat, karena di sini cukup luas jadi bisa dipakai untuk vaksinasi massal," kata dia.

Pemberian vaksinasi bagi masyarakat umum selain tenaga kesehatan sudah mulai dilakukan sejak 17 Februari 2021.  Vaksinasi massal kepada pedagang Tanah Abang menjadi penanda simbolik pemberian vaksin kepada masyarakat umum.

Vaksinasi tahap dua ini menarget kelompok masyarakat yang karena profesinya rentan terpapar Covid-19, mulai dari pedagang, pendidik, pelaku pariwisata, petugas pelayanan publik, pekerja transportasi publik, atlet, dan wartawan.

Lalu ada tokoh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah, aparatur sipil negara, serta anggota TNI-Polri.  (ny/Sumber: Kompas.com)