press enter to search

Jum'at, 26/04/2024 20:23 WIB

Eri Cahyadi Janji Rutin Gelar Khataman Alquran Setelah Dilantik Jadi Wali Kota Surabaya

Redaksi | Jum'at, 26/02/2021 09:32 WIB
Eri Cahyadi Janji Rutin Gelar Khataman Alquran Setelah Dilantik Jadi Wali Kota Surabaya Sehari jelang pelantikan, Wali Kota Surabaya terpilih Eri Cahyadi menggelar khataman Alquran.

SURABAYA (Akisi.id) - Eri Cahyadi berjanji akan menggelar khataman alias khotmil Alquran secara rutin setelah dilantik sebagai Wali Kota Surabaya demi keberkahan bagi kotanya.

"Insyaallah nanti setelah menjadi wali kota, jika pas hari Jumat akan menggelar khataman Alquran, baik di rumah saya maupun di rumah dinas," ujarnya, usai melaksanakan acara khataman di rumahnya di Ketintang, Surabaya, Kamis (25/2).

"Dengan adanya doa dari para kiai, ada doa khataman Alquran, Surabaya bisa menjadi kota yang baldatun thoyibatun warobbun ghofur," ucap dia, merujuk pada istilah negeri makmur dan sejahtera.

Acara khataman di rumah pribadinya itu sendiri digelar sebagai bagian dari ikhtiar agar saat dirinya menjabat, warga Surabaya diberikan ketenangan, kedamaian, dan kesejahteraan.

"Insyaallah besok, saya akan dilantik sebagai Wali Kota Surabaya. Kok kebetulan dilantik pas hari Jumat, sehingga hari ini Kamis saya bisa menggelar khataman Alquran," kata Politikus PDI Perjuangan ini.

Eri mengatakan acara khataman ini bukan kali ini saja digelar. Namun setiap Kamis keluarga mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini selalu menggelar acara serupa.

"Abah saya yang selalu rutin menggelar khataman Alquran setiap hari Kamis. Lalu sejak dua tahun lalu, khataman Alquran ini saya teruskan. Jadi ini memang menjadi kebiasaan," ujarnya.

Eri, yang berpasangan dengan Armuji sebagai Wakil Wali Kota ini, meyakini setiap selesai khataman akan turun malaikat yang mengamini doa-doa yang dipanjatkan oleh orang yang menggelar khataman.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren An-Najiyah, Sidosermo, Surabaya, KH Mas Yusuf Muhajir yang memimpin khataman mengatakan dirinya bersama santri-santrinya sudah dua tahun lebih dirinya rutin menggelar acara itu di rumah keluarga Eri Cahyadi.

Namun, khataman kali ini berbeda lantaran bertepatan dengan momen pelantikan Eri Cahyadi sebagai Wali Kota Surabaya. Doa-doa pun dipanjatkan secara khusus agar Eri bisa memimpin Surabaya dengan baik, amanah dan bisa membawa Surabaya lebih barokah.

"Tadi kami panjatkan doa agar seluruh warga Surabaya, orang yang ada di Surabaya siapapun itu, orangnya diberikan kesejahteraan, ketenangan dan kedamaian. Dan Mas Eri sebagai wali kota, bisa mewujudkan doa-doa itu dengan ikhtiar beliau. Semoga beliau bisa istiqomah mengemban amanah warga Surabaya," pungkas dia.

Eri Cahyadi-Armuji bakal dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya, oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi, Jumat (26/2). (ds/sumber CNNIndonesia.com)