press enter to search

Sabtu, 27/04/2024 11:20 WIB

Kemenpar Bangun Homepod di Ulin Danu Beratan Bali

Redaksi | Senin, 25/06/2018 08:32 WIB
Kemenpar Bangun Homepod di Ulin Danu Beratan Bali Rumah Telur (ist)

BALI (aksi.id) - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mulai gencar menerapkan konsep Nomadic Tourism untuk mendongkrak jumlah amenitas pariwisata, sekaligus mengimbangi pertumbuhan kunjungan wisatawan.

Salah satu pengembangannya adalah melalui pembangunan amenitas (akomodasi) yang sifatnya bisa dipindah-pindah, yaitu homepod.

Homepod merupakan homestay Rumah Desa yang berbentuk telur, sehingga biasa disebut “rumah telur”, dan sifatnya dapat dibongkar pasang atau semi-fixed. Pada event Ulun Danu Beratan Art Festival IV 2018 (24/6/2018), Kemenpar memperkenalkan konsep homepod tersebut yang telah dibangun di pinggir Danau Beratan, Kabupaten Tabanan, Bali.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana, dengan menggunakan material bambu, homepod diharapkan dapat lebih mendekatkan wisatawan dengan alam. Meskipun sederhana, rumah ini terdiri dari dua lantai yang cocok untuk ditempati satu keluarga.

"Pembangunan homestay Rumah Desa ini didanai oleh Kementerian Pariwisata sebagai percontohan. Untuk satu unit biayanya Rp150 juta sudah termasuk genset. Ini tidak mahal untuk nomadic tourism," ujar Pitana, Minggu (24/6/2018).

Pitana menambahkan, Kemenpar mendukung penuh event Ulun Danu Beratan Art Festival IV 2018 ini, ingin lebih mengenalkan desa wisata dan objek wisata yang ada di Indonesia, salah satunya di Tabanan, Bali.

Ulun Danu Beratan menjadi lokasi kedua yang dipilih untuk membangun homestay Rumah Desa ini, setelah sebelumnya Kemenpar telah lebih dulu meresmikan homepod di Danau Toba.

"Untuknya, kami dirikan sebuah homestay dengan format bangunan yang ramah lingkungan. Bentuknya sederhana layaknya di desa sehingga homestay ini disebut Rumah Desa," ungkap Pitana.

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti berharap homepod ini bisa menjadi inspirasi bagi industri pariwisata. Menurutnya, amenitas dalam bentuk homepod ini sangat cocok dengan karakter destinasi yang ada di Tabanan.

"Kami senang sekali Ulun Danu Beratan dibangun homepod rumah telur ini. Kami juga berencana akan membangun lagi di beberapa lokasi di Tabanan," ungkap Ni Putu Eka.

Pada perayaan Ulun Danu Beratan Art Festival IV 2018 ini, pihaknya berharap dapat mendatangkan hingga 1,5 juta pengunjung. Terlebih karena ada beberapa hal yang berbeda yakni diisi dengan parade Gebogan Bunga khas kawasan Candikuning, penampilan tarian maskot Ulun Danu Beratan yakni Kecak Ulun Danu Beratan yang hanya dipentaskan pada event-event tertentu. “Kalau Festival Tanah Lot saja bisa 3 sampai 4 juta pengunjung, ya Ulun Danu Beratan pasti bisa mencapai 1,5 juta pengunjung,” ujarnya.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menegaskan, mulai 2018 ini Kemenpar secara serius akan mengembangkan nomadic tourism, karena karakteristiknya yang bisa dipindah-pindah atau tidak permanen.

"Konsep ini sangat cocok dikembangkan di daerah-daerah yang belum tersedia akomodasinya seperti hotel atau pun homestay, " kata Arief. (omy)

Keyword

Artikel Terkait :

-