press enter to search

Jum'at, 26/04/2024 21:13 WIB

Putri Kerajaan Jadi Dubes Arab Saudi di Amerika

| Minggu, 24/02/2019 05:40 WIB
Putri Kerajaan Jadi Dubes Arab Saudi di Amerika Rima Bint Bandar

RIYADH (aksi.id) - Arab Saudi melakukan penggantian duta besarnya untuk Amerika Serikat (AS), berdasarkan dekrit kerajaan yang diumumkan Sabtu waktu setempat.

Penggantian Dubes ini dilakukan di waktu yang kritis akibat pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi yang membuat hubungan kedua negara sempat renggang.

Putri Rima bint Bandar diangkat menjadi dubes wanita pertama kerajaan itu untuk Washington, menggantikan Pangeran Khalid bin Salman, yang diangkat sebagai wakil menteri pertahanan seperti dikutip dari AFP dan sindoneqs.com, Ahad (24/2/2019).

Pergantian ini terjadi ketika Arab Saudi berupaya mengakhiri protes internasional atas pembunuhan Khashoggi Oktober lalu di konsulat Saudi di Istanbul, yang membuat tegang hubungan dengan sekutu utamanya Washington.

Setelah awalnya menyangkal mereka mengtahui sesuatu tentang hilangnya Khashoggi, kerajaan akhirnya mengakui bahwa agen Saudi membunuhnya di dalam konsulat. Namun, negara kerajaan di Teluk Arab itu menggambarkannya sebagai operasi jahat.

Putri Rima akan menghadapi anggota parlemen AS yang mengancam akan mengambil tindakan keras terhadap Arab Saudi atas pembunuhan brutal.

Para legislator AS meyakini keterlibatan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman dalam pembunuhan tersebut. Namun tudingan itu dibantah oleh pemerintah Arab Saudi.

Putri Rima adalah putri dari mantan duta besar untuk Amerika Serikat. Ia telah lama menjadi pendukung utama pemberdayaan perempuan di kerajaan itu, yang telah lama menghadapi kritik atas perlakuannya terhadap perempuan.

Ia sebelumnya bekerja di Otoritas Olahraga Umum kerajaan, di mana ia memimpin kampanye untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam olahraga.