press enter to search

Senin, 17/02/2020 19:25 WIB

Gelar Dicabut, Pangeran Harry Harus Bayar Biaya Renovasi Rumah Rp 42 Miliar

Dahlia | Minggu, 19/01/2020 12:55 WIB
Gelar Dicabut, Pangeran Harry Harus Bayar Biaya Renovasi Rumah Rp 42 Miliar Foto: istimewa
Bekasi (aksi.id) - Kerajaan Inggris resmi menerima pengunduran diri Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, dari keanggotaan senior. Dengan keputusan ini, gelar kehormatan Pangeran Harry dicabut.
 
Diberitakan Associated Press, Sabtu (18/1), tak ada lagi embel-embel gelar "His Royal Highness" dan "Her Royal Highness" di depan nama Harry dan Meghan. Dalam Bahasa Indonesia, gelar itu bisa berarti "Yang Mulia".
 
Dengan pencabutan gelar ini, Harry hanya akan digelari Duke of Sussex dan Meghan Duchess of Sussex. Sebelumnya gelar ini pernah dicabut dari ibunda Harry, Diana, setelah bercerai dengan Pangeran Charles.
 
Pangeran Harry dan Meghan Markle
Pangeran Harry dan Meghan Markle. Foto: Daniel LEAL-OLIVAS / AFP
Dalam pernyataan resmi kerajaan, Harry dan Meghan tidak akan lagi menerima dana publik untuk anggota kerajaan atau yang dikenal dengan Sovereign Fund. Dana ini digunakan untuk kehidupan anggota kerajaan Inggris, mulai dari keamanan, pelayanan, hingga perumahan.
 
Berdasarkan perjanjian dengan pihak kerajaan, Harry setuju untuk mengembalikan pajak rakyat yang digunakan untuk merenovasi rumahnya, Frogmore Cottage.
 
 
Biaya yang akan keluar dari kocek pribadi Harry untuk mengganti uang negara untuk Frogmore Cottage diperkirakan bernilai 2,4 juta pound sterling atau lebih dari Rp 42 miliar.
 
Frogmore Cottage, rumah Pangeran Harry
Frogmore Cottage, rumah Pangeran Harry dan Meghan, di Home Park Estate, Windsor, Inggris. Foto: Steve Parsons/PA via AP
Dana itu digunakan untuk mengubah salah satu lantai yang terdiri dari lima ruang berbeda menjadi satu ruang keluarga yang luas. Renovasi dari dana publik ini sebelumnya menuai kritikan dari masyarakat karena dianggap membuang-buang uang.
 
Harry dan Meghan memutuskan akan menjadikan Frogmore Cottage sebagai tempat tinggal mereka di Inggris. Keluar dari keanggotaan senior kerajaan Inggris, Harry harus membayar sendiri para pelayan dan keamanan di kediamannya. (Lia/sumber:kumparan)