press enter to search

Kamis, 22/10/2020 15:53 WIB

ACI dan IATA Desak Pembukaan Pembatasan Penerbangan dan Perkuat Konektivitas Global

Dahlia | Kamis, 15/10/2020 22:25 WIB
ACI dan IATA Desak Pembukaan Pembatasan Penerbangan dan Perkuat Konektivitas Global Foto: ilustrasi

MONTREAL (aksi.id) – Airports Council International (ACI) World dan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) mendesak pemerintah untuk menggunakan pengujian kesehatan penumpang sebagai langkah membuka kembali perbatasan dengan aman dan membangun kembali konektivitas global.

Kedua organisasi itu menyatakan langkah tersebut untuk mencegah keruntuhan sistemik industri penerbangan dengan dukungan finansial non-hutang.

Langkah ganda tersebut akan melindungi negara dari impor kasus COVID-19, mencegah krisis ketenagakerjaan di sektor perjalanan dan pariwisata, dan memastikan bahwa struktur penerbangan yang penting tetap layak dan mampu mendukung manfaat ekonomi dan sosial yang menjadi sandaran dunia.

Air Transport Action Group (ATAG) memperkirakan 46 juta pekerjaan berisiko karena hilangnya konektivitas yang disebabkan oleh krisis COVID-19. Sebagian besar dari ini (41,2 juta pekerjaan) berada di sektor perjalanan dan pariwisata yang bergantung pada penerbangan. Sisanya (4,8 juta pekerjaan) tersebar di pekerjaan langsung di penerbangan, termasuk bandara dan maskapai penerbangan.

Kelangsungan sektor penerbangan untuk mendukung pekerjaan sedang ditantang oleh kejatuhan bisnis yang parah dan berkepanjangan:

- ACI memperkirakan industri bandara akan mengalami penurunan pendapatan -60%, mencapai angka yang belum pernah terjadi sebelumnya – $ 104,5 miliar.

- IATA memperkirakan pendapatan maskapai akan turun setidaknya 50% ($ 419 miliar dibandingkan $ 838 miliar pada 2019).

Membuka kembali perbatasan dengan aman tanpa karantina dengan menggunakan pendekatan terkoordinasi untuk pengujian akan meningkatkan perekonomian secara keseluruhan dan menjadi jalur pendapatan bagi maskapai penerbangan dan bandara.

ACI dan IATA telah meminta ICAO Council Aviation Recovery Task Force untuk memberikan pendekatan pengujian yang disepakati dan diakui secara internasional yang dapat diadopsi di tingkat nasional.

Pemerintah juga didesak untuk mengatasi dampak yang menghancurkan dari penutupan perbatasan dan pembatasan perjalanan yang diberlakukan pemerintah lainnya dengan mendukung kelangsungan penerbangan melalui dukungan keuangan langsung yang:

- melindungi pekerjaan dan operasi
tidak meningkatkan tingkat hutang, dan
- meminimalkan default pada hutang dan kerugian kredit.


“Pandemi COVID-19 tetap merupakan krisis eksistensial dan bandara, maskapai penerbangan dan mitra komersial mereka membutuhkan bantuan keuangan langsung dan cepat untuk melindungi operasi dan pekerjaan penting,” kata Direktur Jenderal Dunia ACI Luis Felipe de Oliveira.

“Namun bantuan semacam itu hanyalah satu bagian dari teka-teki saat industri dimulai kembali dan bersiap untuk mempertahankan operasi berkelanjutan yang berfokus pada kesehatan dan kesejahteraan para pelancong, staf, dan publik. ACI dan IATA selaras dalam menyerukan tindakan pemerintah yang mendesak untuk memperkenalkan pengujian penumpang secara luas dan terkoordinasi untuk memungkinkan penghapusan persyaratan karantina. Tanpa tindakan ini, tidak berlebihan jika industri ini menghadapi keruntuhan. ”


Alexandre de Juniac, Direktur Jenderal dan CEO IATA, mengatakan: “Kami membutuhkan tindakan cepat. Sebagian besar jaringan udara global telah rusak parah selama lebih dari setengah tahun. Kehilangan pekerjaan — di dalam dan di luar industri — meningkat dengan setiap hari perbatasan ditutup. Dan dengan hilangnya setiap pekerjaan, pemulihan dan dampaknya pada ekonomi yang lebih luas menjadi lebih sulit. Momentum sedang dibangun untuk mendukung pengujian untuk membuka kembali perbatasan. Itu adalah prioritas operasional utama. Dan untuk memastikan bahwa kami memiliki sektor penerbangan yang layak di akhir krisis ini, bantuan finansial putaran kedua tidak dapat dihindari.”

Sesuai dengan Peraturan Kesehatan Internasional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ACI dan IATA bersatu dalam keyakinan bahwa biaya yang terkait dengan tindakan kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk mengurangi penyebaran penyakit menular, termasuk pengenalan pendekatan terkoordinasi untuk pengujian, harus ditanggung. oleh pemerintah nasional.