press enter to search

Kamis, 21/01/2021 03:18 WIB

China Luncurkan 2 Rudal Penghancur Kapal Induk Usai Pesawat Mata-Mata AS Melintas

Dahlia | Sabtu, 14/11/2020 11:45 WIB
China Luncurkan 2 Rudal Penghancur Kapal Induk Usai Pesawat Mata-Mata AS Melintas Foto: ilustrasi

BEIJING, (aksi.id) - Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China meluncurkan dua rudal pembunuh kapal induk ke Laut China Selatan. Peluncuran tersebut dilakukan setelah kapal mata-mata Amerika Serikat melintas.

South China Morning Post (SCMP) melaporkan, Sabtu (14/11/2020), peluncuran rudal DF-26B dan DF-21D merupakan bagian uji coba yang harusnya dilakukan pada Agustus lalu, namun baru terlaksana baru-baru ini.

Informasi tersebut diungkap sumber internal Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) tanpa menjelaskan informasi lebih rinci.

SCMP pernah mempublikasikan laporan peluncuran dua rudal pembunuh kapal indu pada Agustus lalu, tetapi saat itu militer China menolak memberikan keterangan. Informasi justru datang dari militer Amerika Serikat (AS).

Lokasi peluncuran dua rudal pembunuh kapal induk

Setelah peluncuran, dua rudal uji coba jatuh ke Laut China Selatan, namun Wang Xiangsui--mantan kolonel senior yang sekarang bekerja sebagai profesor di Universitas Beihang di Beijing--mengatakan kedua rudal berhasil menghantam kapal target yang tengah bergerak.

Rudal DF-26B diluncurkan dari provinsi barat laut Qinghai, sementara rudal DF-21D melesat dari provinsi Zhejiang di timur Negeri Tirai Bambu.

Peluncuran itu terjadi setelah Beijing mengatakan sebuah pesawat mata-mata U-2 AS memasuki zona larangan terbang tanpa izin selama latihan Angkatan Laut China di Laut Bohai di lepas pantai utara. Angkatan Laut AS sebelumnya mengirimkan dua kelompok tempur kapal induk ke Laut China Selatan.

"Beberapa hari setelah kapal induk kami meluncurkan DF-21 dan DF-26 dan rudal-rudal menghantam kapal yang berlayar di selatan Kepulauan Paracel," ujar Wang pada pertemuan tertutup di Zhejiang bulan lalu. (lia/sumber