press enter to search

Kamis, 24/06/2021 03:55 WIB

Baru 5 Menit Ceramah, Imam Masjid di Palembang Mendadak Terjatuh lalu Meninggal

Redaksi | Minggu, 25/04/2021 06:28 WIB
Baru 5 Menit Ceramah, Imam Masjid di Palembang Mendadak Terjatuh lalu Meninggal
 

PALEMBANG (aksi.id)  - Meninggalnya Hasbi Asshiddiqie yang merupakan imam masjid  Darul Muttaqin di Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Palembang, Sumatera Selatan membuat heboh jemaah.

Sebab, Hasbi meninggal ketika baru lima menit memberikan ceramah jelang shalat Tarawih kepada seluruh jemaah masjid pada Kamis (23/4/2021) kemarin sekitar pukul 19.40WIB.

Wahid Husein (50) salah satu jemaah masjid yang menjadi saksi mata mengatakan, almarhum ketika itu baru lima menit memberikan tausiyah di mimbar masjid tentang rizki antara shalat Isya dan Tarawih.

Namun, mendadak Hasbi langsung roboh dan terjatuh dari mimbar.

"Yang lain juga terkejut melihat itu, kemudian anak almarhum yang ada di lokasi sempat memberikan pertolongan napas buatan sampai akhirnya dibawa ke rumah sakit,"ujarnya, saat dihubungi, Jumat (23/4/2021).

Setelah berada di rumah sakit, Hasbi pun dinyatakan meninggal. Wahid mengaku selama ini almarhum merupakan orang yang aktif dan pandai bergaul. 

"Setahu kami almarhum tidak mempunyai riwayat sakit berat. Memang ia rajin memberikan ceramah di masjid,"ujarnya.

Selain aktif mengisi ceramah, almarhum pun diketahui merupakan Bendahara Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Sumatera Selatan dan pensiunan dosen di Universitas Islam Negeri Raden Fatah serta  Universitas Muhammad Palembang.

"Sekarang almarhum cuma aktif di Muhammadiyah, karena sudah pensiun sebagai dosen,"jelasn Wahid.

Terpisah, Ketua PW Muhammadiyah Sumatera Selatan Romli dikonfirmasi lewat pesan singkat membenarkan jika pengurus mereka meninggal ketika sedang menyampaikan ceramah.

Almarhum menurutnya telah dimakamkan oleh pihak keluarga pada hari ini.

"Betul pak Hasbi Asshiddiqie, bendahara PWM wafat dan telah dimakamkan ba`da Jumat tadi," katanya singkat.  (ny/Sumber:Kompas.com)