press enter to search

Minggu, 19/05/2024 13:35 WIB

Anak Nia Daniaty Dilaporkan Dugaan Penipuan CPNS, Total Korban 225 Orang

Redaksi | Minggu, 26/09/2021 12:09 WIB
Anak Nia Daniaty Dilaporkan Dugaan Penipuan CPNS, Total Korban 225 Orang

JAKARTA (Aksi.id,)  - Anak penyanyi Nia Daniaty, Olivia Nathalia dan suaminya Rafly Noviyanto dilaporkan ke polisi atas dugaan tindak pidana penipuan masuk CPNS.

Total korban diperkirakan mencapai 225 orang. Para korban dijanjikan bisa lolos PNS tanpa mengikuti tes.

"Total korban ada 225 orang," kata pengacara pihak korban, Odie Hodianto, Minggu (26/9/2021).

Kedua terlapor diduga melakukan penipuan dengan kedok penawaran posisi PNS di beberapa tempat lembaga. Namun terlapor meminta memberikan syarat pembayaran bisa sejumlah uang.

"Terlapornya inisialnya Oi dan Raf, Oi adalah anak penyanyi lawas dengan inisial ND," ujar Odie Hudianto.

Setelah para korban membayar, kedua terlapor ini mengirimkan surat keterangan (SK) palsu terkait pengangkatan jabatan PNS yang mengatasnamakan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Modusnya dengan cara bujuk rayu, ngiming-imingi dia punya link di BKN sehingga semua korban diminta untuk menyerahkan uang ke Oi. Setelah uang diserahkan, Oi menyerahkan surat pengangkatan dan SK yang dikeluarkan BKN, kita cek ternyata tidak sah, tidak ada SK tersebut," imbuhnya.

Para korban menyetor uang, setiap orang menyetor mulai dari yang terkecil Rp25 juta dan yang terbesar Rp150 juta. Dari 225 korban tidak ada satu pun yang terwujud bekerja sebagai PNS di bidang yang dijanjikan. Sementara, nilai kerugian yang akibat penipuan ini ditaksir mencapai Rp9,7 miliar.

"Kerugiannya Rp9,7 miliar," terang Odie.   (ny/Sumber:Okezone.com)